Tata Kelola Pemerintahan Terus Dibenahi, Pemkab Samosir Adakan Diklat SPIP

Aparatur Pemkab Samosir diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Walaupun telah meraih berbagai prestasi, Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan pembenahan Sistem Tata Kelola Pemerintahan menuju pemerintahan yang semakin maju dan berkualitas.

Dalam rangka penguatan sumber daya aparatur menuju tata kelola yang optimal, digelar Bimbingan Teknis tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (22/5/2019).

Wabup Samosir Juang Sinaga menyampaikan bahwa SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan.

"Maka pelaporan keuangan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, semakin transparan," sebutnya.

Ia mengajak seluruh OPD beserta jajarannnya agar memahami dan menguasai pelaksanaan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Senada dengan Wabup, Kepala Inspektorat Kabupaten Samosir, Waston Simbolon menjelaskan, bimtek bertujuan meningkatkan pemahaman dan penerapan SPIP.

Diuraikannya, ketentuan yang berlaku dalam rangka penilaian Maturitas SPIP, mendorong percepatan target maturitas penyelenggaraan SPIP menjadi level 3 (terdefenisi) dalam RPJMD sesuai target RPJMN 2015-2019.

Kemudian untuk memenuhi persyaratan peningkatan level SPIP menjadi level 3 "berkembang" dengan pemenuhan salah satu infrastruktur.

"Untuk penyusunan rencana tindak pengendalian semua kegiatan utama di setiap OPD yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian kinerja," ujar Waston.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.