Sampaikan Beberapa Catatan, DPRD Samosir Rekomendasi LKPj Bupati Tahun 2018

Bupati Samosir dan pimpinan DPRD seusai Paripurna Istimewa LKPJ tahun 2019. (SAMOSIRNews/Valen)

SAMOSIRNews - Pangururan

DPRD DPRD Samosir merekomendasikan LKPJ Bupati Samosir Tahun 2019, pada Rapat Paripurna Istimewa dipimpin Ketua DPRD Rismawati Simarmata dan Wakil Ketua Nurmerita Sitorus, di gedung dewan Parbaba, Selasa (28/5/2019).

Dalam Rekomendasinya yang dibacakan oleh Juru bicara Tim Gabungan LKPj, Vanda Lovita Sidabutar membacakan beberapa rekomendasi kepada Bupati Samosir untuk ditindaklanjuti. 

DPRD merupakan bagian dari penyelenggara pemerintah daerah yang senantiasa menjunjung objektivitas dan tetap bersikap kritis konstruktif bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan.

"Fungsi pengawasan merupakan salah satu bentuk pengawasan DPRD terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Rekomendasi terhadap LKPj Bupati merupakan salah satu fungsi pengawasan", ujarnya.

Vanda juga menyampaikan rekomendasi tentang pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar, antara lain pendidikan, kesehatan dan pekerjaan umum dan penataan ruang.

Selanjutnya penyelenggaraan urusan pemerintahan wajib non pelayanan dasar, yaitu urusan Lingkungan Hidup, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Penanaman Modal Daerah, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengapresiasi rekomendasi DPRD  Samosir. "Atas kerjasama dan dukungan kepada eksekutif dalam pembangunan daerah selama ini, kami sampaikan terimakasih," sebutnya.

Dikatakan juga, kebersamaan yang terbangun akan terus ditingkatkan demi program pembangunan daerah.

"Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban  Tahun 2018 yang kami sampaikan beberapa waktu yang lalu, pada hari ini telah menghasilkan rekomendasi. Kami yakini rekomendasi ini merupakan hasil kerja keras DPRD melalui tahapan kajian yang mendalam terhadap LKPJ tersebut", ujarnya.

Menurutnya, rekomendasi atas LKPJ Bupati Tahun 2019, akan memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.