Pemkab Samosir Latih Pemilik Homestay, Kembangkan Manajemen Desa Wisata

Wabup Samosir Juang Sinaga pada pelatihan manajemen pengembangan Desa Wisata. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Pemilik homestay yang di lokasi objek wisata Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dilatih untuk pengembangan Desa Wisata di daerah itu, Selasa (7/5/2019) di Balai Desa Sianjur Mula-mula.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga mengatakan, pelatihan manajeman homestay sebagai sebuah wadah untuk melatih para pemilik homestay dipandang perlu untuk pengembangan sektor kepariwisataan.

"Pengelola homestay harus dapat memahami dan mengembangkan sistem manajemen pengelolaan usaha demi mendukung kemajuan pariwisata Kabupaten Samosir," sebutnya.

Menurutnya,  pelatihan yang digelar akan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, pengelolaan, promosi dan pemasaran desa wisata serta untuk mengembangkan usaha pariwisata melalui BUMDes.

Kepada para kepala desa khsusnya di Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Juang menghimbau, agar konsisten mengalokasikan dana desa untuk mendukung pengembangan suatu kawasan di desa yang memiliki potensi pariwisata menjadi desa wisata.

Ia berharap dengan diadakannya pelatihan manajemen homestay, dapat mendukung pencapaian visi Pemkab Samosir yaitu mewujudkan masyarakat samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pada pariwisata dan pertanian.

Wabup Juang menyerahkan bantuan dari Kementerian Pariwisata RI secara simbolis kepada pemilik dan pengelola homestay berupa kasur single, sprey, bantal, handuk dan buku tamu.

Dikatakan juga, saat ini Pemkab Samosir terus berbenah dalam upaya menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Peserta pelatihan sebanyak 40 orang  terdiri dari pemilik dan pengelola homestay di kawasan Desa Sianjur Mula-mula, Dusun III Hutabalian, kawasan Desa Sarimarrihit, kawasan Desa Aek sipitu Dai, kawasan Desa Boho Kecamatan Sianjur Mula-Mula serta kawasan Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian.


Reporter; Halomoan
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.