Dihadiri Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata, Horas Samosir Fiesta 2019 Digelar

Bupati Rapidin Simbolon dan Wabup Juang Sinaga, membuka Event Horas Samosir Fiesta 2019 di Pasir Putih Tandarabun. (Ist)

SAMOSIRNews - Tandarabun

Bupati dan Wakil Bupati Samosir secara resmi membuka Event Samosir Horas Fiesta (HSF) 2019, diawali pagelaran Festival Gondang Naposo sebagai rangkaian pertama, Jumat (31/5/2019) di Pantai Pasir Putih Tandarabun, Simanindo, Sumatera Utara.

Pembukaan event yang telah ditetapkan sebagai kalender pariwisata nasional itu dihadiri Tim Calender Of Event Kementerian Pariwisata RI I Gusti Ngurah Putera dan Dusep Mulya, Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait, Polres Samosir, Sekda, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD dan Camat.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, Festival Gondang Naposo  merupakan rangkaian pertama pelaksanaan Horas Samosir Fiesta (HSF) 2019 yang telah tercatat dalam 100 Calender Of Event Wonderful 2019.

"Festival Gondang Naposo merupakan event budaya kalangan muda untuk saling menyapa, mengenal dan mencari jodoh melalui tarian tortor, sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Batak," sebutnya. 

Ia menjelaskan, sesuai program Pemerintah Indonesia yang mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata di 4 destinasi super prioritas, Danau Toba merupakan salah satu yang diutamakan.

"Kabupaten Samosir sebagai daerah berbasis pariwisata dan pertanian yang berada di Danau Toba, sedang gencar- gencarnya melakukan promosi," imbuhnya Rapidin.

Promosi itu menurutnya dilakukan, baik melalui media, pameran pariwisata maupun melalui event-event yang dikemas dengan menarik.

"Hal ini dilakukan untuk mencapai target kunjungan  1 juta wisatawan mancanegara ke  Sumatera Utara, serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal," pungkasnya.

Kepada seluruh peserta Festival Gondang Naposo, Bupati Rapidin berharap  menampilkan kreasi terbaik dengan semaksimal mungkin.

"Berkompetisi dengan rileks serta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk saling berkenalan, menambah teman dan menambah wawasan akan budaya daerah," ujarnya lagi.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan, M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Gondang Naposo dengan Thema "Akhirnya Ku Menemukan Mu", bertujuan mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya melalui atraksi wisata.

Maka pelaksanaan pagelaran wisata itu diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui efek multiplier dari pelaksanaan event, meningkatkan pendapatan asli daerah serta sebagai alat promosi pariwisata.

"Sehingga kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga semakin meningkat," jelas Daulat.

Dibeberkannya, peserta Festival Gondang Naposo 25 tim terdiri dari 10 tim lokal Kabupaten Samosir dan 15 tim dari luar Kabupaten Samosir.

"Festival akan dilaksanakan selama 2 hari dengan rangkaian acara perlombaan/festival, kuliner rakyat, pemilihan sidoli najogi dan siboru nauli (pasangan ter-romantis) dan hiburan rakyat," paparnya.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.