Datangi Mapolres Samosir, Ini Tuntutan Wartawan dan LSM

Pelaku media dan aktifis lembaga swadaya masyarakat datangi Mapolres Samosir. (SAMOSIRNews/Jos)

SAMOSIRNews - Pangururan

Puluhan wartawan dan LSM di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang mendatangi Mapolres Samosir, Senin (27/5/2019) menyampaikan beberapa aspirasinya terkait kinerja Kapolres AKBP Agus Darojat.

Para wartawan dan LSM membawa beberapa spanduk agar Kapolri ataupun Kapolda Sumatera Utara, mengganti Kapolres Samosir.

Karena selama ini dinilai tidak mampu mengungkap beberapa kasus yang mengemuka di kalangan masyarakat.

Sampai di depan Mapolres, para pelaku media dan aktifis lembaga swadaya masyarakat itu menyerukan, copot Kapolres sembari menunggu waktu untuk masuk.

Setelah aparat kepolisian mengizinkan masuk, kelompok yang melakukan aksi damai itu diterima Kabag Ops Kompol Bernad Naibaho dan Wakapolres Kompol Charles Simanjuntak di Aula Polres Samosir.


Koordinator aksi Fransiskus Sitanggang mengatakan, secara formal ada 6 poin tuntutan yang disampaikan. "Aliansi wartawan dan pers menilai Kapolres gagal mengungkap kasus kasus yang mengemuka di kalangan masyarakat," ungkapnya.

Ini beberapa kasus yang disampaikan aliansi wartawan dan LSM, 1. pencurian di Kantor PPAMD pada 6 Desember 2018, 2. Laporan UU ITE pada 2 Januari 2019, 3. Pencabulan di Huta Sinapuran 2 Maret 2018, 4. Ilegal logging di APL Tele 10 Januari 2019, 5. Kasus pengaduan masyarakat lainnya.

Menurutnya, kinerja Kapolres sejak bertugas di Samosir patut dipertanyakan. "Ada beberapa kasus lagi yang kita data dan akan dilaporkan secara resmi," tandasnya.

Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat kepada wartawan melalui aplikasi WhatsApp mengakui ada beberapa kasus yang belum terungkap.

"Audensi kita fasilitasi pak, banyak kasus yang sudah kita ungkap, namun memang ada beberapa yang belum terungkap karena kendala di lapangan," sebutnya.

Seusai menyampaikan aspirasinya, para jurnalis yang kesehariannya bertugas di Kabupaten Samosir dan pegiat LSM, meninggalkan Mapolres dengan tertib.

Reporter; Josner
Editor; Dian P



loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.