Cegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Pemkab Samosir Gelar Pelatihan

Wabup Juang Sinaga bersama pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Samosir. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan


Pemkab Samosir melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) mengadakan Pelatihan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) di Aek Rangat Pangururan, Kamis (23/5/2019).

Kepala Dinas PPAMD, Rawati Simbolon menyampaikan, bahwa negara menjamin pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan akan menindak pelaku kekerasan.

"Faktor yang memicu terjadinya KDRT karena minimnya pemahaman masyarakat, rentannya tingkat ketahanan keluarga terhadap kekerasan dalam rumah tangga, perempuan dan anak termasuk faktor kemiskinan," ungkapnya.

Menurut Raeati, pelatihan yang digelar akan memberikan pemahaman terhadap bentuk kekerasan dan upaya pencegahan, pemahaman sebab dan akibat terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, perempuan dan anak.

Disebutkannya, pelatihan akan dilaksanakan 4 gelombang, yakni tanggal 23 Mei untuk Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta.

"Selanjutnya Kecamatan Palipi dan Nainggolan, kemudian Kecamatan Harian, Sitiotio dan Sianjur Mulamula serta Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu," jelas Rawati.

Narasumber dihadirkan dari Polres Samosir dan Sinta Mauli Agnes Tamba, SH, MKn dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Samosir.

Wabup Samosir Juang Sinaga mengatakan, kegiatan itu sangat penting karena kekerasan dalam rumah tangga saat ini sering terjadi.

"Upaya pencegahan KDRT sangat perlu disikapi untuk mengurangi kekerasan dalam rumah tangga, perempuan dan anak," tegasnya saat membuka pelatihan yang dihadiri para Kades/Lurah, BPD, tokoh masyarakat dan satgas PPA dari sebagai peserta.

Reporter; Josner
Editor; Dian P


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.