Rp 108 Miliar Dana Desa di Kabupaten Samosir, Harus Dikelola Secara Efektif

Pemkab Samosir mengadakan rapat koordinasi dalam rangka efektivitas tata kelola pemerintahan di desa. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Pada tahun 2019 ini, Kabupaten Samosir mendapatkan alokasi Dana Desa sebesar Rp 108,7 Miliar. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp. 90,9 Miliar.

Dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa secara efektif dan efisien, Pemkab Samosir mengumpulkan pemangku kepentingan di Desa.

Hal itu dikatakan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon saat Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa tahun 2019 di Aula AE Manihuruk, Parbaba, Kecamatan Pangururan, Selasa (2/4/2019).

Ia menekankan, tata kelola pemerintahan desa yang baik sebagaimana amanat pasal 115 UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, harus diwujudkan.

Rapidin juga berpesan, agar pengelolaan dana desa di daerah ini, benar benar dilakukan sesuai peraturan dan perundang-undangan. "Harus dikelola secara efektif," tegasnya.

Dikatakan Bupati, bahwa rapat koordinasi itu merupakan agenda penting dalam merealisasikan program pembangunan.

"Kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, saat ini membahas langkah-langkah percepatan kegiatan APBDes TA. 2019. Baik yang berkaitan dengan pembenahan administrasi maupun pembangunan fisik di desa," ujarnya.

Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa itu diikuti oleh 600 peserta diantaranya Asisten Tata Praja dan Kesra Setdakab Samosir Mangihut Sinaga, Bapenda, Inspektur Kabupaten, Bappeda, BPKAD, Camat dan Kasi PMD Se-Kabupaten Samosir, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa, Sekdes, Kaur Keuangan Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Samosir.

Narasumber pada kegiatan ini menghadirkan Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provsu Tuangkur Harianja, Kusnarto Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kusnarto dan Kepala Bapenda Samosir Hotraja Sitanggang.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.