Pemkab Samosir Imbau Pengusaha Hiburan Malam Melengkapi Dokumen Perizinan

Wabub Samosir Juang Sinaga menyambangi pengusaha hiburan malam, mengimbai agar melengkapi dokumen perizinan usahanya. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Simanindo

Pemkab Samosir menganjurkan agar para pemilik hiburan malam melengkapi dokumen perizinannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga ketika melakukan pembinaan terhadap pengusaha hiburan malam di Kecamatan Simanindo, Kamis (21/3/2019).

Didampingi Kadis Perizinan Resman Simbolon, Sat Pol PP dan beberapa staf Dinas Pariwisata, Lingkungan Hidup, Wabup Juang mengunjungi lokasi penyedia hiburan malam.

Pada saat melakukan kunjungan, Wabup menemukan beberapa usaha hiburan malam yang tidak memiliki izin dan dokumen perizinan yang sudah tidak berlaku lagi.

Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Samosir, langsung memberikan teguran pertama kepada pengusaha yang belum memiliki izin maupun yang izinnya sudah tidak berlaku.

Wabup Juang menegaskan,  dalam waktu 14 hari diberikan kesempatan untuk mengurus izin sejak diberikannya surat teguran. 

"Apabila pengusaha belum melengkapi dokumen perizinannya, akan ditegur kembali dengan teguran kedua dan ketiga," ujarnya.

Kemudian disebutkan Wabup, kalau belum juga diurus maka akan dilakukan penutupan usaha. "Untuk itu diimbau agar seluruh pengusaha mentaati aturan yang ada," imbuhnya.

Dijelaskan juga, Pemkab Samosir tidak ada maksud untuk mempersulit maupun menutup usaha yang ada, sepanjang taat aturan dan tidak meresahkan masyarakat. "Untuk itulah saat ini dilakukan identifikasi dan pembinaan terhadap pengusaha" jelas Juang. 

Dalam menjalankan usahanya, pengusaha diwajibkan juga sadar akan tanggung jawab untuk membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Ditegaskan kembali, bahwa ijin usaha yang diurus harus sesuai dengan aktifitas yang berlangsung didalamnya dan apabila menyimpang, akan dilakukan penindakan. Pengurusan ijin seluruhnya gratis diluar biaya yang diatur undang-undang. "Jangan ada uang pelicin untuk mempermulus ijin. Segera urus ijin anda dan akan langsung ditindaklanjuti" tegas Wabup.

Beberapa pengusaha yang menyediakan hiburan malam seperti pub, bar, kafe termasuk karaoke, menandatangani surat pernyataan bersedia mengurus izin. 

Pengusaha hiburan malam, Brando Blues Bar mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab Samosir dan menyatakan kesediaanya untuk melengkapi dokumen perizinan usahanya. 

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.