Musrenbang Kabupaten Samosir, Fokuskan Sektor Pertanian dan Pariwisata

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, ketika Musrenbang tingkat Kabupaten. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Samosir di Hotel JTS Parbaba, dimulai Senin (25/3/2019), fokus pada program pembangunan sektor pertanian dan kepariwisataan.

Dihadiri Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Kadis Satuan Polisi Pamong Praja Propinsi Sumatera Utara Anthony Siahaan mewakili Gubsu, oimpinan dan anggota DPRD Samosir , Sekdakab Samosir, Wakapolres Samosir, Pabung 0210 TU, seluruh pimpinan OPD, para  camat serta FKTM, musrenbang berlangsung selama dua hari.

Musrenbang dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemkab Samosir tahun 2020, setelah tingkat di kecamatan didapatkan usulan prioritas pembangunan.

Usulan dari masing-masing kecamatan dibahas dan dirembukkan kembali dalam musrenbang tingkat Kabupaten, untuk menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2020 menghadirkan narasumber, Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas RI, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba, Kepala Balai Besar Jalan Nasional I Medan, Kepala Balai Sungai Sumatera II, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Kepala Dinas Tananman Pangan dan Holtikultura Sumut dan Kepala BPS Samosir.

Musrenbang  Kabupaten Samosir dibuka secara resmi oleh Gubsu diwakili Kadis Satuan Pol PP ,  Anthony Siahaan.

Gubsu mengharapkan penyusunan RKPD Kabupaten Samosir 2020  dapat nenurunkan angka kemiskinan, pengangguran serta dan menguatkan kewirausahaan dan pendidikan.

Tema Musrenbang Kabupaten Samosir 2019 ini adalah adalah "Mendorong Kemandirian Masyarakat untuk Memantapkan Nilai Tambah Bidang Pariwisata dan Pertanian.

Dengan tema itu, Pemerintah Kabupaten Samosir  lebih memprioritaskan dan meningkatkan pembangunan di bidang kepariwisataan dan pertanian.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan, perencanaan pembangunan baik dibidang  Sumber Daya Manusia, ekonomi dan infrastruktur harus didasarkan dan disesuaikan dengan  RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021.

Menurutnya, RKPD 2020 merupakan program prioritas pembangunan yang merupakan kebutuhan rakyat.

"Program pembangunan harus disinkronkan dengan program dari pemerintah propinsi dan pusat sehingga pembangunan daerah berjalan sinkron," tegasnya.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.