Menko Maritim Luhut Panjaitan Resmikan Operasional KMP Ihan Batak di Danau Toba

Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya meresmikan operasional KMP Ihan Batak di Danau Toba. (Ist)

SAMOSIRNews - Parapat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Kapal Roro Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.

Menko Luhut mengatakan KMP Ihan Batak merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap wisata Danau Toba sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) yang menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan.

"Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan khususnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang  berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas dan keselamatan transportasi di wilayah Danau Toba ini," sebut Luhut saat peresmian operasional, Sabtu (2/3/2019) di Ajibata, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.


Ia meminta masyarakat sekitar Danau Toba untuk terus menjaga kebersihan, sehingga keindahan Danau Toba terus terjaga. "Ke depan kawasan Danau Toba akan terus dikembangkan untuk memaksimalkan tingkat kunjungan wisata," pungkasnya.

Sementara Menteri Perhubungan, Budi Karya mengungkapkan, KMP Ihan Batak merupakan bentuk keseriusan mewujudkan konektivitas dan keselamatan masyarakat. "Mempermudah akses wisatawan mudah menuju Danau Toba dan Pulau Samosir," sebutnya.

Budi Karya menjelaskan, akses ke Danau Toba semakin terbuka karena dari Bandara Silangit bisa naik Damri menuju Pelabuhan Penyeberangan Ajibata. "Selanjutnya menggunakan KMP Ihan Batak menuju Pulau Samosir," bebernya.

Ia menekankan, komitmen dari Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan konektivitas dan keselamatan di Danau Toba yang penuh potensi wisata.

KMP Ihan Batak yang melayani rute Ajibata-Ambarita berkekuatan 300 GT dapat menampung 280 penumpang dan 32 unit kendaraan dengan mesin induk 2x800 hp, telah melayani penumpang sejak Desember lalu.

Selain Menko Maritim dan Menhub, pada peresmian operasional KM Ihan Batak, Jonny Allen Marbun dan Anton Sihombing anggota DPR RI, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan undangan lainnya.

Reporter; Valensius Sitorus
Editor; Dian P


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.