Mendobrak Kunjungan Wisatawan, Dinas Pariwisata Agendakan Saturday Culture di Tuktuk Siadong

Kalangan muda menampilkan atraksi seni budaya ketika Dinas Pariwisata Samosir menggelar soft launching Saturday Culture di Tuktuk Siadong. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Tuktuk Siadong

Sukses dengan pagelaran Saturday Culture di Pantai Indah Situngkir setiap malam Minggu yang berhasil memikat dan mendobrak kunjungan wisatawan, Pemkab Samosir diinisiasi Dinas Pariwisata bekerjasama dengan komunitas muda mudi Tuktuk Siadong, akan mengadakan pagelaran pesta budaya serupa di Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Sumatera Utara.

"Dinas Pariwisata Samosir telah mengadakan Soft Launching pada Sabtu (16/3/2019) di Gedung Kesenian, Kecamatan Simanindo," sebut Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro kepada wartawan, Minggu (17/3/2019) di Pangururan.

Dia menyebutkan, soft launching yang berlangsung sampai pukul 23.00 WIB, sangat menarik perhatian penonton yang didominasi wisatawan mancanegara.

"Pagelaran seni budaya dengan menampilkan atraksi kearifan lokal, ternyata mampu memikat hati wisatawan," sebutnya.

Dijelaskan Ombang, panggung seni budaya Saturday Culture di Tuktuk Siadong akan diisi kalangan milenial Samosir setiap malam Minggu. "Secara resmi akan dilaunching Bupati Samosir Rapidin Simbolon pada 4 April 2019," pungkasnya.

Upaya untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Samosir dan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, menurutnya menjadi program prioritas. "Apalagi dengan dukungan pemerintah pusat," tandasnya.

Saturday Culture di objek wisata Tuktuk Siadong, dikatakan Ombang, selain meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, akan menghasilkan 3 hal penting yakni:
1. Sebagai ajang pelestarian pengembangan seni budaya lokal,  melalui ajang pentas budaya kalanganmuda.
2. Menambah atraksi dan daya tarik wisata sekaligus menghibur para wisatawan yang berkunjung ke samosir.
3. Menumbuh kembangkan solidaritas dan kebersamaan para pelaku pariwisata di Tuktuk Siadong.

"Jadi pihak Pemkab Samosir tetap melakukan edukasi kepada masyarakat pelaku wisata dan kalangan muda di daerah ini. Untuk bersama sama berupaya membangun, terutama mendobrak tingkat kunjungan wisatawan," pungkas Ombang.

Reporter; Valensius
Editor; Robin N

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.