Memperkokoh Kesatuan Bangsa, MPR RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Samosir

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, pada sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

MPR RI bekerja sama dengan Pemkab Samosir melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Aula AE. Manihuruk, Kecamatan Pangururan, Rabu (2/3/2019), dibuka secara resmi oleh Sekjen MPR RI Ma'aruf Cahyono.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga hadir bersama pimpinan OPD dengan peserta sebanyak 400 orang, terdiri dari OPD Kabupaten Samosir, FKUB, Kepala Desa/Lurah, Ormas, LSM, tokoh masyarakat dan pelajar SMA/SMK.

Sekjen MPR RI, Ma'aruf Cahyono tampil sebagai Keynote Speaker dengan narasumber Staf Khusus Ketua DPD RI Edison Manurung dan anggota DPD RI Parlindungan Purba.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Samosir, Paris Manik mengatakan, sosialisasi empat pilar kebangsaan bertujuan menambah wawasan tentang kebangsaan dan memperkuat integritas bangsa, budaya gotong royong, toleransi.

"Selain itu memupuk rasa saling menghormati satu sama lain dalam bingkai NKRI serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air," tandasnya.

Wabup Juang Sinaga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada MPR RI yang telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Samosir yang penuh potensi wisata.

"Kegiatan ini akan mengingatkan kita dengan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia yang didasari 4 Pilar Kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," ungkapnya.

Juang berpesan, agar tetap menciptakan suasana kondusif dan aman sebelum dan sesudah masa Pemilu serentak. "Karna pilihan anda menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan" kata Juang.

Di sisi lain, Sekjen MPR RI Ma'aruf Cahyono menyampaikan, negara bakal berjalan kondusif ketika masyarakat memahami nilai-nilai empat pilar.

Dkatakannya, mentransfer nilai nilai kebangsaan kepada generasi muda harus secara terus menerus. "Nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan, perlu disampaikan kepada kalangan muda," tegasnya.

Termasuk dalam memanimalisir tindak pidana korupsi, menurutnya, pemahaman empat pilar kebangsaan merupakan salah satu upaya.

Reporter; Halomoan
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.