Membawa 20 Penumpang, Kapal Nelayan yang Hilang Kontak di Kepulauan Nias Diduga Tenggelam

Ilustrasi.

SAMOSIRNews - Nias

Kapal Motor (KM) Formosi asal Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), hilang kontak di perairan Nias Selatan, Selasa (5/3/2019). Kapal nelayan ini diduga membawa sedikitnya 20 penumpang.

Koordinator Basarnas Nias, Tonggor Gultom membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengungkapkan, KM Formosi hilang kontak saat sedang berada di perairan Pulau Pini wilayah Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan.

"Kapal hilang kontak pukul 05.30 WIB di seputaran Pulau Pini. Dugaan sementara, kapal ini tenggelam," ujarnya.

Dia menjelaskan, kapal milik warga Sibolga bernama Songsong dikemudikan nakhoda Sunaidi Situmorang. Berdasarkan komunikasi terakhir, kapal tersebut diperkirakan hilang kontak pada titik koordinat N 001 9132 E 098 27871.

Merespon laporan tersebut, Basarnas sudah menjalin komunikasi dengan pihak terkait, khususnya kapal-kapal yang berada di seputaran Pulau Pini, sebagai langkah upaya pencarian.

"Kami sudah monitor beritanya dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Kami juga sudah kontak via radio kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi sambil menyusun renops dan perlengkapan lain untuk menuju lokasi," katanya.

Saat ini, personel Basarnas Kabupaten Nias sedang bersiap melakukan pencarian kapal. Petugas hanya tinggal menunggu hasil koordinasi untuk mengerahkan pasukan terjun ke lokasi titik koordinat hilangnya kapal tersebut.

Pencarian Kapal Motor (KM) Formosi yang hilang di Perairan Nias Selatan,  terus dilakukan. Petugas gabungan masih berupaya mencari keberadaan kapal beserta 20 penumpang di perairan Pulau Pini, wilayah Pulau-Pulau Batu.

Proses pencarian terkendala gelombang tinggi yang melanda perairan tersebut. Kapal tersebut diperkirakan hilang kontak pada titik koordinat N 001 9132 E 098 27871.

Ini daftar nama 20 penumpang termasuk (ABK) KM Formosi yang dilaporkan hilang sesuai rilis Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias.

1. Sunaidi Situmorang (Nakhoda)
2. Ramlan Sianipar
3. Paung Manalu
4. Budi Sianipar
5. Charles Purba
6. Dharmawansyah Sipahutar
7. Parman Manullang
8. Jansen T Nainggolan
9. Peres Manurung
10. Hendry Hot Situmorang
11. Sapruddin Hutagalung
12. Hendri P Hutagalung
13. Joriman Nainggolan
14. Kajel H Nainggolan
15. Jumaidi Gulo
16. Anto Hutabarat
17. Candra Silaban
18. Glen Chandra Panggabean
19. Gusti Silitonga
20. M Arifin Sitinjak

Sumber; IN/TJ

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.