Bawaslu Sumut Edukasi Masyarakat Samosir agar Aktif Melakukan Pengawasan Pemilu 2019

Komisioner Bawaslu Sumut, Suhadi Situmorang memberi paparan ketika Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Kabupaten Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Bawaslu Sumatera Utara mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kamis (28/2/2019).

Hadir Komisioner Bawaslu Sumatera Utara Divisi Hukum Henry Simon Sitinjak dan Divisi Pengawasan Suhadi Sukendar Situmorang, dari Bawaslu Samosir hadir Ketua Anggiat Sinaga dan komisioner lainnya Robintang Naibaho dan Rianto Nainggolan.

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga pada acara  pembukaan sosialisasi mengatakan, Samosir merupakan salah satu daerah yang melaksanakan kegiatan ini diharapkan semakin partisipatif.

Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Pengawasan, Suhadi Sukendar Situmorang dalam paparanya menjelaskan, detail tahapan pemilu mulai dari landasan hukum hingga tahapan pelaksanaan Pemilu  Serentak 2019 dan pelanggaran-pelanggaran yang harus di awasi hingga pemungutan suara di TPS.

"Kita semua harus menjadi pengawas partisipatif, namun harus memahami peraturan tentang penyelenggaraan Pemilu dan pengawasan," ujarnya.


Sementara Komisioner Divisi Hukum Henry Sitinjak menjelaskan,
tujuan digelarnya sosialisasi pengawasan partisipatif adalah mengajak masyarakat berperan dalam mengawasi Pemilu.

Ia menambahkan, untuk lebih mengoptimalkan pengawasan pemilu, seluruh stakeholder perlu berpartisipasi termasukmasyarakat luas.


"Masyarakat diharapkan mengawasi serta  mengawal Pemilu 2019, jika ditemukan ada pelanggaran segera di laporkan baik ke panwas kecamatan atau kabupaten dan atau pun berupa pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu sekalipun," ujar Henry.

Ditambahkannya, pada pemilu 2019, Bawaslu berperan melakukan pencegahan, penindakan dan pelayanan. "Diharapkan sosialisasi ini memberikan pemahaman pengawasan pemilu bagi masyarakat," imbuhnya.


Seusai pemaparan komisioner, kesempatan selanjutnya disisi dengan sesi diskusi dengan peserta sosialisasi dari pemilih pemula  dari SMA Negeri 1 dan SAMA Negeri 2 Pangururan, Kelompok Tani, penyandang disabilitas, tokoh  adat dan tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan undangan lainnya.

Reporter; Valensius Sitorus
Editor; Robin N
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.