Akan Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Wisatawan, Dinas Pariwisata Samosir Latih 40 Pemandu Wisata

40 pemandu wisata dilatih untuk meningkatkan sumber daya menghadapi wisatawan. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir melatih 40 orang pemandu wisata untuk meningkatkan sumber daya lokal mengahadapi wisatawan yang berkunjung ke lokasi objek wisata,  Rabu (13/3/2019) di Parbaba Beach Hotel, Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro kepada wartawan, Kamis (14/3/2019) di Parbaba mengatakan, kegiatan itu bersumber dari dana non fisik Kementerian Pariwisata TA 2019.

Ia menjelaskan, program pelatihan pemandu wisata itu merupakan komitmen untuk membangun sektor kepariwisataan Samosir, menjadi destinasi unggulan. "Unggul tidak hanya dari sisi alam, budaya, atraksi, kearifan lokal, historis tetapi juga unggul dari sisi sumber daya manusianya," ujarnya.

Menurutnya, Dinas Pariwisata telah mencari local champion dari setiap desa yang potensial dan diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

"Trend pariwisata dunia saat ini sedang mengarah kepada keinginan penikmat wisata untuk terlibat langsung dengan aktifitas masyarakat setempat, ingin merasakan sensasi-sensasi yang tidak didapatkanya di daerah asalnya," kata Ombang.

Potensi alam Kabupaten Samosir dengan berbagai keunikan dan kekayaan di banyak lokasi, dikatakannya, yang belum dieksplore oleh masyarakat setempat, akan dikemas menjadi paket wisata unggulan yang layak jual oleh pemandu wisata.

"Jadi pelatihan ini sebagai upaya menggerakkan masyarakat agar semakin potensial mengeksplore kekayaan, keunikan budaya/wisata. Kemudian mengemasnya untuk menambah kunjungan wisata sekaligus memberi nilai tambah ekonomi," imbuhnya.

Pelatihan pemandu wisata akan berlangsung selama 3 hari, yakni 13-15 Maret 2019, guna menciptakan pemandu wisata yang terampil, handal, profesional dan konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung atau wisatawan.

Reporter; Josner
Editor; Dian P.

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.