Tangkap 3 Kurir Narkoba, Polda Sumut Sita 33,5 Kilogram Sabu dan 13.500 Butir Ekstasi

Polda Sumatera Utara menangkap 3 kurir narkoba. (Ist)

SAMOSIRNews - Medan

Personil DitNarkoba Polda Sumut menangkap tiga orang kurir narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi dengan barang bukti sebanyak  33,5 Kg sabu dan 13.500 butir ekstasi.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, pengungkapan berawal dari penangkapan tersangka JI di kawasan Medan. "Ketika itu diterima informasi bahwa pelaku membawa narkoba yang disimpan dalam mobil miliknya," jelasnya.

Setelah mendapat informasi tersebut, menurut Irjen Agus, personel unit 2 Subdit II DitNarkoba Polda Sumut langsung menuju TKP dan melihat mobil dimaksud dan langsung melakukan pemberhentian.

"Kemudian JI mobil digeledah oleh petugas," beber Kapoldasu dalam keterangan persnya, Rabu (27/2/2019.

Dilanjutkannya, ketika penggeledahan mobil, polisi menemukan sabu seberat 26,5 Kg dengan rincian 15 bungkus plastik teh China yang bertuliskan Qing Shan yang diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu seberat 15 Kg.

Selain itu ditemukan 7 bungkus plastik kopi Malaysia yang bertuliskan Alicafe yang didalamnya berisikan narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 7 Kg, Lima bungkus plastik warna putih transparan yang didalamnya berisikan narkotika jenis sabu-sabu seberat 4,5 Kg.

"Ada juga ekstasi merek Kenzo warna oranye sebanyak tiga bungkus kemasan Aluminium Foil yang masingmasing berisi 4500 butir, total keseluruhan ekstasi berjumlah 13,500 butir," ujrnya.

Selanjutnya, mantan Wakapolda Sumut ini menyebutkan, JI dibawa untuk melakukan pengembangan. "Karena melakukan perlawanan, tersangka terpaksa dihadiahi timah panas pada kaki sebelah kiri," kata Kapolda.

Kemudian berdasarkan interogasi yang dilakukan kepada tersangka JI, Irjen Agus menerangkan, diperoleh informasi bahwa seorang pria yang akan membawa narkotika jenis sabu-sabu dari Tanjungbalai menuju kota Medan.

Personil Unit 4 Subdit II DitNarkoba Polda Sumut pada Minggu (24/2/2019) sekitar pukul 01.00 WIB menuju Jalan Medan-Tanjungmorawa, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang tepatnya diluar pintu tol Tanjungmorawa.

"Disitu kita menangkap seorang pria berinisial S dengan barang bukti yang disita berupa sebungkus plastik bertuliskan indomaret berisikan 5 bungkus plastik kuning keemasan Guan Yin Wang berisikan Narkotika Jenis sabu seberat 5 Kg," terangnya lagi.

Saat dilakukan pengembangan, S juga melawan dan diberi tindakan tegas terukur berupa tembakan di kaki kanan. Saat diinterogasi, S menyatakan akan ada satu orang pria di Binjai yang akan menerima narkotika jenis sabu-sabu dari provinsi Riau.

"Pada hari yang sama sekitar pukul 14.30 WIB petugas unit 1 Subdit II DitNarkoba Polda melakukan pengembangan di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai tepatnya di pinggir jalan dilakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki dengan inisial VS dengan barang bukti yang disita berupa sebungkus plastik warna hitam berisikan dua bungkus plastik kuning keemasan Guan Yin Wang berisikan Narkotika Jenis shabu seberat 2 Kg," tukas Kapolda.

Kapoldasu mengatakan, para tersangka melanggar Pasal 114  Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika  dengan ancaman hukuman Pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 Miliar dan paling banyak Rp 10 M (UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika).

"Dengan diamankannya 33,5 narkotika jenis sabu dan 13500 butir ekstasi, Polda Sumut menyelamatkan sebanyak 348.500 Orang anak bangsa," pungkasnya.

Sumber; Polda Sumut
Editor; Robin N
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.