Musrenbang di Ronggur Nihuta, Desa Merupakan Kunci Keberhasilan Pembangunan

Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Ronggur Nihuta. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Ronggur Nihuta

Desa merupakan kunci keberhasilan pembangunan bangsa, maka Kepala Desa harus jeli melihat potensi di pedesaan.

Demikian dikatakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Ronggur Nihuta, Senin (4/2/2019) di Aula Kantor Camat Ronggur Nihuta.

Musrenbang dihadiri Wakil Bupati Juang Sinaga, Ketua DPRD Rismawati Simarmata, Wakil Ketua DPRD Jonner Simbolon dan Nurmerita Sitorus, anggota legislatif, para Kepala Desa, Kepala Sekolah dan masyarakat.

Rapidin juga menyampaikan, pelaksanaan musrenbang merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana kerja pemerintah daerah.

"Bertujuan mendapatkan masukan awal dalam proses penyusunan RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di kecamatan," sebutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa fokus RKPD Kabupaten Samosir tahun 2020 sesuai dengan RPJMD yakni "Mendorong Kemandirian Masyarakat Untuk Memantapkan Nilai Tambah Bidang Pariwisata dan Pertanian".

Dipaparkan, beberapa permasalahan dan isu strategis yang dihadapi pada tahun 2020, antara lain penurunan angka kemiskinan, pembangunan infrastruktur yang memadai, percepatan peralihan ketergantungan kegiatan perekonomian dari sektor primer (pertanian) ke sektor sekunder atau tertier (jasa).

"Kemudian peningkatan kualitas lingkungan hidup serta pengoptimalan tata kelola pemerintahan yang mendukung reformasi birokrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi," imbuhnya.

Raoidin mengajak peserta musrenbang agar selektif dalam memilih dan mengusulkan program kegiatan. "Perlu memiliki daya ungkit pada indikator RPJMD serta harus berpikir secara sistematis dengan keterbatasan anggaran APBD," tukas dia.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin N
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.