Musrenbang di Kecamatan Pangururan, Palipi dan Simanindo, 2020 Fokus Pengentasan Kemiskinan

Bupati Rapidin pada saat Musrenbang di Kecamatan Simanindo. (SAMOSIRNews/Valensius)

SAMOSIRNews - Pangururan

Tahun 2020 salah satu issu strategis adalah pengentasan kemiskinan dan Kepala Desa memiliki peran penting dalam program itu. Hal itu ditegaskan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, saat Musrenbang di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo.

Hal serupa diungkapkannya di beberapa Musrenbang Kecamatan yakni Pangururan, Palipi, Sitiotio dan Ronggur Nihuta, sebagai upaya menampung aspirasi Desa.

Dia menekan, agar Kepala Desa mampu membangkitkan ekonomi masyarakat marginal sehingga taraf kehidupannya meningkat. "Kita optimis untuk penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Samosir," sebutnya.


Untuk itulah menurut Rapidin, Perbup tentang dana desa berisikan poin "Ekonomi Bangkit" untuk kelompok marginal. "Masih banyak warga kita yang belum bernasib baik, melalui dana stimulan dana desa diharapkan membangkitkan ekonomi mereka" imbuhnya.


Musrenbang Kecamatan Pangururan, Palipi dan Simanindo diikuti anggota DPRD, Kepala OPD se-Kabupaten Samosir, unsur pimpinan Kecamatan Pangururan, Camat, Kepala Desa, BPD dan masyarakat.


Musrenbang sebagai langkah awal penyusunan program pembangunan daerah, sekaligus menampung usulan-usulan pembangunan dari desa dan kecamatan untuk dilaksanakan tahun 2020.

Rapidin menjelaskan, pada prinsipnya pemerintah daerah berusaha untuk mewujudkan seluruh kebutuhan masyarakat sesuai usulan, akan tetapi keterbatasan anggaran membuat pemerintah mengutamakan skala prioritas.

"Maka usulan yang telah diajukan akan ditampung secara keseluruhan dan menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah di tahun 2020," pungkasnya.

Dijelaskan juga, program pembangunan di Kabupaten Samosir melalui APBD dan Dana Desa harus sinkron dan saling melengkapi. " Jadi Kepala Desa secepatnya menyusun APBDes agar dana desa secepatnya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat," tegasnya lagi.

Reporter; Valensius Sitorus
Editor; Robin N
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.