Minimalisir Kecelakaan, Polres Samosir Akan Launching Millenial Road Safety Festival

Sat Lantas Polres Samosir mengedukasi kalangan muda untuk tertib berlalulintas di SMAK Santo Thomas Rasul, Tarabunga, Kecamatan Palipi. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Guna memanimalisir angka kecelakaan, Kepolisian Resort Samosir segera mencanangkan event Millenial Road Safety Festival yang rencananya dimulai pada Minggu (3/3/2019) mendatang.

"Kegiatan ini merupakan instruksi dari Kapolri bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan, khususnya kaum muda dan membangun budaya tertib berlalulintas di kalangan generasi millenial," sebut Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat kepada Mimbar, Senin (18/2/2019) di Pangururan.

Ia menjelaskan, data yang tercatat di Korlantas Polri melalui IRSMS, korban kecelakaan lalu lintas baik yang meninggal dunia maupun luka-luka pada usia 10-14 tahun sebanyak 7.061, usia 15-19 tahun sebanyak 17.910, usia 20-24 tahun mencapai 17.258 sedangkan usia 25-29 tahun mencapai 11.140 dan usia 30-34 tahun sebanyak 9.412 sepanjang tahun 2018.

Data ini menurut Agus, menunjukkan angka kecelakaan didominasi oleh kaum muda yang masih produktif sebesar 56,87 persen dan secara spesifik 24,43 persen berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Didasari angka kecelakaan yang masih tinggi di kalangan kaum muda, maka Polres Samosir bersama Pemkab Samosir, Samsat, media, pelajar dan seluruh unsur akan mengadakan event Deklarasi Millenial Road Safety Festival 2019 pada tanggal 3 Maret nanti," imbuh Kapolres.

Lebih lanjut AKBP Agus menjelaskan, kegiatan akan diikuti ribuan peserta dari kalangan pelajar dan seluruh komunitas, diadakan di Tanah Lapang Pangururan mulai pukul 6.00 Wib dimulai Gerak Jalan Santai dengan titik kumpul di Polres Samosir.

"Untuk pelaksanaannya, telah diadakan rapat persiapan dengan semua stakeholder terkait, termasuk Dinas Perhubungan Samosir," pungkasnya.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Dian P Sinaga

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.