Longsor di Desa Sabulan, Satu Unit Rumah Warga Rusak dan Lahan Pertanian Rusak

Kades Sabulan Manganar Situmorang di lokasi longsor yang mengakibatkan rumah warga digenangi lumpur. (SAMOSIRNews/Josner)


SAMOSIRNews - Sabulan

Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Sabulan, Kecamatan Sitiotio, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara menyebabkan lereng perbukitan Bukit Barisan di desa itu longsor Minggu dinihari (3/2/2019). 

Akibat kejadian itu, satu rumah penduduk yang dihuni Halasson Situmorang rusak setelah terkena timbunan material longsor.

Demikian dikatakan Kepala Desa Sabulan, Manganar Situmorang kepada SAMOSIRNews, Kamis (7/2/2019) di Kecamatan Sitiotio.

Menurutnya, longsor diduga disebabkan hujan deras yang terus mengguyur wilayah itu beberapa hari ini. "Mungkin volume air pada dinding tebing perbukitan meningkat, memang di atas baru dibuka jalan perintis penghubung antara Kabupaten Samosir-Humbahas," ujarnya.

Dijelaskannya, akibat meningkatnya volume air, membuat area lereng perbukitan tidak kuat menahan debit air dan akhirnya tanah mengalami longsor.

"Tanah longsor menimpa rumah Halasson Situmorang dan merusak lahan pertanian padi milik warga yang berada persis di kaki perbukitan," imbuhnya.

Sampai saat ini material longsor belum dibersihkan menunggu alat berat milik Pemkab Samosir. "Pihak Dinas PU telah meninjau lokasi longsor," sebut Kades Manganar.

Diungkapkannya, pada peristiwa itu tidak ada korban jiwa dan Pemkab Samosir sudah turun langsung meninjau lokasi dan akan menyesuaikan alat berat untuk pembersihan dan perbaikan lokasi.

Manganar meminta Pemkab Samosir secepatnya melakukan perbaikan lokasi untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan. "Apalagi kalau hujan deras, akan terjadi hal yang lebih parah," pungkasnya.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin N.
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.