Hijakuan Kawasan Danau Toba, Pemkab Samosir, Inalum dan Tirta Jasa I Galakkan Gerakan "Tanam Pohon"

Pemkab Samosir bersepakat menghijaukan kawasan Danau Toba bersama PT Inalum dan Tirta Jasa I. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Pemkab Samosir didukung Jasa Tirta I dan PT. Inalum bersinergis melakukan upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan pelestarian Danau Toba.

"Terutama menggalakkan gerakan menghijaukan Kabupaten Samosir, telah disepakati Kerjasama Triparti tiga pihak," sebut Bupati Samosir, Jumat (8/2/2019) di Perbukitan Simargolang Desa Siboro, Kecama Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara di sela pelaksanaan penanaman pohon.

Dia menambahkan, Pemkab Samosir bersepakat dengan, PT Inalum diwakili Direktur Produksi Sahala Hasoloan Sijabat dan Perum Jasa Tirta oleh Direktur Operasional Alfan Rianto yang disaksikan berbagai kalangan masyarakat, instansi pemerintah/swasta dan lainnya.

Penanaman pohon di lereng Pusuk Buhit. (SAMOSIRNews/Ist)

Dijelaskan Rapidin, inspirasi perwujudan sinerginitas perjanjian kerjasama itu adalah kepedulian Perum Jasa Tirta I dan PT Inalum yang ditugasi Presiden Jokowi bersama otoritas masyarakat setempat yakni Pemkab Samosir.

"Kerjasama ini akan menjadi antisipasi permasalahan pengelolaan sumber daya air di kawasan Danau Toba," tuturnya.

Ditambahkannya,  saat ini tutupan vegetasi di kawasan Danau Toba sudah sangat berkurang sehingga terlihat banyak lahan gundul padahal kehidupan masyarakat Samosir dominan tergantung pada kondisi air Danau Toba.

Sementara PT Inalum mencatat, pada saat musim hujan debit air yang masuk ke Danau Toba sangat luar biasa (pernah 1.500 m3 perdetik; red).

Namun pada saat tidak turun hujan hanya 100 m3 perdetik, kondisi ini kronis dan mencemaskan, sebagai efek serap tangkapan air di kawasan Danau Toba yang berkurang.

Ternyata lahan kritis di wilayah Samosir memiliki luasan yang signifikan, karena itu harus digalakkan gerakan penghijauan "Tanam Pohon".

"Pemkab Samosir akan menghijaukan 500 hektar lahan kritis di Kawasan Danau Toba, khusui Kabupaten Samosir," ujar Rapidin lagi.

Bupati Rapidin Simbolon saat penanaman pohon. (SAMOSIRNews/Ist)

Upaya penghijauan ini, menurutnya melibatkan peran serta pemberdayaan masyarakat sekitar. "Kita telah lebih dini mengawali gerakan ini sejak 11 Januari 2019 sampai saat ini, di Objek Wisata Taman Hutan Pinus Tele," bebernya.

Secara rutin gerakan "Tanam Pohon" itu menjadi agenda tetap Pemkab Samosir setiap hari Jumat, seusai senam pagi bersama seluruh aparatur dengan sistem swadaya dan semangat kebersamaan. "Setiap minggu menanam kita pohon kurang lebih 1.000 batang," pungkasnya.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.