Danau Toba Merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Jembatan Tano Ponggol Akan Dibangun

Keindahan Danau Toba di Sumatera Utara.

SAMOSIRNews - Jakarta

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan dukungan pembangunan infrastruktur di 12 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan fasilitas yang semakin baik maka diharapkan wisatawan akan semakin betah di lokasi objek wisata.

"Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih,  pengelolaan sampah, sanitasi dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang telah disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah," jelasnya belum lama ini di Jakarta.

Rencana induk disusun untuk pengembangan KSPN 10 tahun ke depan, menurutnya, akan lebih didetailkan dalam rencana 5 tahun dan setiap tahunnya dilakukan evaluasi.

Dikatakan Hadi, dari 12 KSPN 4 kawasan menjadi fokus Pemerintah yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika.

"Pengembangan empat kawasan ini lebih difokuskan karena trend kunjungan turisnya terus meningkat, investasi akan menjadi pemicu percepatan peningkatan potensi ekonomi dan mempunyai tematik khusus, imbuhnya.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan pembangunan infrastruktur tidak hanya ditujukan untuk turis yang datang namun juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan mendukung potensi ekonomi lokal.

Di KSPN Danau Toba, Kementerian PUPR telah meningkatkan akses dari Bandara Silangit baik jalan lingkar luar maupun lingkar dalam Danau Toba termasuk melakukan pengerukan alur sungai dan akan membangun Jembatan Tano Ponggol.

"Selain itu juga pada ruas jalan yang dilalui turis akan dibangun Rest Area Terpadu Lumban Pea dan Lumban Julu," bebernya lagi.

Untuk diketahui, saat ini pengerukan dan pelebaran Tano Ponggol di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara sedang dilakukan pembangunannya.

Sumber; Setkab RI
Editor; Robin N

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.