Wagubsu Harapkan Geosite di Kawasan Danau Toba Menjadi Situs Destinasi Wisata Internasional

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah di Geosite Sibaganding Parapat. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Parapat

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah berkunjung ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Open Stage Geosite Sibaganding, Parapat, Simalungun, Sabtu (12/1/2019).

Ia didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu Faisal Hasrimy dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Hidayati.

Wagub Musa menjelaskan, bahwa untuk mempromosikan kawasan wisata Danau Toba perlu adanya kerja keras dari semua stakeholder dan pemerintah daerah setempat.

Ijeck juga sangat mengapresiasi kemajuan dan usaha yang telah dilakukan dalam mengembangkan kawasan Danau Toba. Termasuk upaya yang telah dilakukan dalam rangka menjadikan Danau Toba sebagai salah satu situs UNESCO Global GeoPark (UGG) Kaldera Toba.

Kepada Hidayati selaku Kepala Disbudpar Provsu, Ijeck berpesan agar terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan promosi dengan cara-cara kreatif. "Sehingga semakin banyak masyarakat di luar Sumut bahkan luar negeri, yang tertarik untuk berkunjung," ujarnya.

Dikatakan juga, perlu variasi cara promosi, bisa juga melalui leaflet ataupun brosur dan agenda pariwisata yang dibagi ke hotel-hotel di Sumut maupun di luar Sumut. "Jadikan Geosite di kawasan Danau Toba sebagai situs destinasi wisata internasional, " imbuhnya.

Ijeck berharap, ke depan dapat merencanakan untuk membangun museum tentang Kawasan Kaldera Toba sehingga pengunjung dapat lebih mengetahui tentang Kaldera Toba.

"Jadi, para wisatawan yang sudah jauh-jauh datang berkunjung ke Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba dapat mengetahui lebih banyak tentang Kawasan Danau Toba," pungkas dia.

Hidayati sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan oleh Wagubsu dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan upaya sosialisasi dan promosi.

"Kepada masyarakat Sumut, kami juga sangat beharap untuk ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Danau Toba. Mengingat danau toba ini adalah milik kita bersama, kita jaga bersama dan kita kenalkan kepada orang-orang di luar Sumut," tukasnya.

Lebih lanjut Hidayati menjelaskan, bahwa Kaldera Toba mempunyai 20 geosite diantaranya Tongging, Haranggaol, Monkey Forest, Ambarita, Tuktuk, Tomok,  Endapan Danau Sidihoni, Tao Silalahi, Pusuk Bukit dan Tele. Kemudian geosite Sibaganding, Taman Eden, Air Terjun Situmurun, Tipang, Sipinsur, Bakara Tipang, Sibandang, Muara, Hutaginjang dan Balige.

Sumber; Humas Sumut
Editor; Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.