Study Banding Pengembangan Pariwisata, Pemkab Luwu Timur Kunjungi Kabupaten Samosir

Bupati Rapidin Simbolon bersama rombongan Pemkab Luwu Timur, Sulawesi Selatan. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan kunjungi Kabupaten Samosir dalam rangka study banding pengembangan sektor kepariwisataan, Sabtu (26/1/2019).

Rombongan Pemkab Luwu Timur meliputi aparatur, tokoh masyarakat, Camat Nuha dan beberapa kepala desa, dijamu Bupati Samosir didampingi Kadis Pariwisata, Kepala Bappeda dan Camat Simanindo di Aula Samosir Conttage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo.

"Study banding ini merupakan referensi pengelolaan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Samosir untuk diterapkan di Kabupaten Luwu Timur," sebut Camat Nuha Masdin AP, Msi.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas sambutan Bupati Rapidin. "Kami mengangumi keindahan dan keasrian Samosir," imbuhnya.

Masdin memaparkan bahwa Kabupaten Luwu Timur tepatnya Kecamatan Nuha memiliki Danau Matano yang garis pantainya yang hampir serupa dengan Danau Toba.

"Akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Danau Matano juga indah seperti Danau Toba, namun belum terkelola secara optimal untuk memikat wisatawan," pungkasnya.

Bupati Rapidin Simbolon mengatakan, Samosir merupakan salah satu destinasi wisata yang terus berbenah dengan program pembangunan.

"Pada dasarnya pembangunan dan pengembangan objek wisata, harus sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten dan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, masyarakat harus memahami program pemerintah mengembangkan kawasan wisata. "Maka pemerintah perlu pendekatan dan bersosialisasi agar perencanaan pembangunan dan pengembangan pariwisata dapat terwujud," tukas dia.

Rapidin membeberkan, Kabupaten Samosir memiliki beberapa objek wisata, terbagi dalam tiga kategori yakni objek wisata unggulan, objek wisata prioritas, dan objek wisata rintisan.

 Selanjutnya Bupati Rapidin menyerahkan ulos sebagai cendera mata kepada Pemkab Luwu Timur dan Pemkab Samosir menerima plakat Luwu Timur.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin N

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.