Genjot Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Samosir, Dinas Pariwisata Persiapkan Event Menarik

Pantai Batu Hoda, salah satu objek unggulan di Kabupaten Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Kabupaten Samosir Samosir telah menjadi daerah kunjungan wisata favorit bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Dengan ditetapkannya sebagai salah satu destinasi wisata nasional oleh pemerintah pusat, kunjungan wisata ke Negeri Indah Kepingan Surga ini mengalami peningkatan signifikan.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro kepada SAMOSIRNews, Rabu (16/1/2019) di Pangururan. "Meningkat 36,18 persen di tahun 2018 dengan jumlah pengunjung 378.649 dari tahun 2017.

Dia merinci, tahun 2018, kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 65.724 dan wisatawan nusantara berjumlah 312.925 orang.

"Angka ini jelas membanggakan bagi Kabupaten Samosir, sebab masih menjadi pilihan bagi wisatawan untuk panorama Danau Toba dan potensi Samosir" pungkas Ombang.

Pemkab Samosir menurutnya, terus berupaya mendatangkan wisatawan dengan promosi wisata dan event tahunan yang menjadi magnet bagi penikmat wisata.

Dikatakannya, Horas Samosir Fiesta menjadi event nasional dalam kalender Kementerian Pariwisata tahun 2019. "Kabupaten Samosir merupakan satu satunya daerah kawasan Danau Toba yang telah masuk agenda nasional," bebernya.

Ombang menjelaskan, berbagai event yang telah dikemas mulai dari skala lokal, nasional hingga internasional akan dipasarkan ke mancanegara. "Sedang kita rampungkan untuk disosialisasikan dan segera dilaunching," imbuhnya lagi.

Ombang menyebutkan, Samosir memang menjadi kabupaten yang paling sadar wisata. Karena memang Pendapatan Asli Daerahnya berasal dari sektor pariwisata.

"Pemkab Samosir fokus melakukan pembenahan segala sarana prasarana pendukung. Karena masih banyak yang harus di evaluasi. Khususnya, soal wisata ramah muslim," tandas dia.

Program lainnya dalam rangka menarik minat wisatawan dengan Danau Tobanya, Pemkab Samosir membuat Rancangan Induk Pengembangan Objek wisata (RIPO).

RIPO yang diciptakan Dinas Pariwisata Samosir membagi tiga kluster besar objek wisata yakni Objek Wisata Unggulan, Objek Wisata Prioritas dan Objek Wisata Rintisan.

Dengan rincian, Objek Wisata Unggulan sebanyak 10 objek wisata, Objek Wisata Prioritas berjumlah 12 objek wisata dan Objek Wisata Rintisan mencapai 18 objek wisata yang menyebar di penjuru Samosir.


Reporter; Valensius S.
Editor; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.