Dinas Dukcapil Samosir Lakukan Pelayanan Jemput Bola

Petugas dari Dinas Dukcapil Kabupaten Samosir melakukan perekaman e-KTP di SMK Negeri Nainggolan. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNew - Pangururan

Bayi yang lahir di RSU Hadrianus Sinaga Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara langsung mendapatkan Akte Kelahiran. Program ini telah tersistem dengan baik, berkat koordinasi antara RSU dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Demikian dijelaskan Kadis Dukcapil Kabupaten Samosir, Lemen Manurung, kepada SAMOSIRNews, Senin (28/1/2019) di Pangururan.

Menurutnya, program itu telah berjalan  setahun lebih dan ternyata mendapat apresiasi positif dari masyarakat. "Pelayanan ini telah dilakukan sejak awal 2018 lalu," ujarnya.

Dikatakan Lemen, sistem pelayanan bagi keluarga yang melahirkan di rumah sakit itu, hanya membutuhkan kelengkapan berkas kependudukan saja.

Dia juga membeberkan sampai saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Samosir melakukan sistem jemput bola ke rumah rumah penduduk, melayani administrasi pencatatan sipil.

"Misalnya pengurusan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, Dinas Dukcapil secara rutin mendatangi warga ke desa desa," imbuhnya.

Dijelaskan juga, untuk pengurusan KTP bagi siswa pemula, dilaksanakan program perekaman dengan mendatangi sekolah sekolah.

"Sabtu kemarin (26/1/2019) petugas kita dari Dinas Dukcapil baru saja melakukan perekaman e-KTP bagi siswa pemula di SMK Negeri 1 Kecamatan Nainggolan," pungkas Lemen.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin N
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.