Akan Ditahbiskan 2 Februari 2019, Ini Biografi Singkat Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung

Mgr Kornelius Sipayung

SAMOSIRNews - Medan

"Deus Meus et Omnia." Allahku dan Segalaku, demikian bunyi Motto Uskup Kornelius Sipayung OFMCap. 

Acara tahbisan Uskup Agung Medan yang penuh sejarah iman ini akan berlangsung hari Sabtu (2/2/2019) yang akan dihadiri lebih dari 14.000 masyarakat.

Mgr Kornelius Sipayung lahir di Bandar Hinalang, Purba, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia pada 26 Agustus 1970.

Menjalani masa novisiat di Biara Kapusin Pematang Siantar dan mengikuti pendidikan di Seminari Menengah Christus Sacerdos, Pematang Siantar.

Ia menempuh studi lanjut di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Santo Yohanes, Pematang Siantar. Pada 22 Agustus 1998, ia mengucapkan kaul kekalnya sebagai anggota Ordo Kapusin dalam Provinsi Medan.

Mgr Kornelius menerima Sakramen Imamat pada tanggal 11 Desember 1999 oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Pius Datubara, O.F.M. Cap.

Selanjutnya, menerima penugasan perdana di Paroki Santa Perawan Maria diangkat ke Surga, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Pada tahun 2002, ia ditugaskan untuk kembali menjalani studi dalam bidang teologi dogmatik di Universitas Kepausan Gregoriana, Roma dan juga mengikuti pelatihan bahasa Inggris di Brisbane, Australia.

Kembali ke Indonesia tahun 2005, ia menjadi formator di Seminari Tinggi Kapusin Pematang Siantar dan dosen dalam bidang teologi di STFT Santo Yohanes Pematang Siantar hingga 2015. Pada tahun 2015, ia terpilih menjadi Minister Provinsial Ordo Kapusin Medan.

Saat ini Kornelius berusia 48 tahun dan merupakan anggota kolaborator dalam membentuk kerjasama jaringan antara Ordo Kapusin Provinsi Pontianak dan Medan, serta menjadi Kustodian untuk Sibolga dan Nias.

Hal yang serupa dilakukannya juga dalam kapasitasnya sebagai anggota di wilayah Asia-Pasifik dalam Konferensi Kapusin Asia-Pasifik (Pacific-Asia Capuchin Conference, PACC). Ia juga menjadi anggota Komisi Teologi dalam Konferensi Waligereja Indonesia. Ia juga menjabat anggota Dewan Imam dalam Keuskupan Agung Medan dan menjadi Ketua Yayasan Harapan Jaya dan Caritas.

Pada tanggal 8 Desember 2018, Paus Fransiskus menunjuk Kornelius Sipayung O.F.M. Cap. menjadi uskup baru Keuskupan Agung Medan.

Sumber; Velangkanni Medan
Editor; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.