Peserta Simposium Danau Toba, Berkunjung ke Kabupaten Samosir

Objek wisata Batu Hoda. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Peserta simposium Danau Toba yang digagas Kemenko Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur bekerja sama dengan Badan Otorita Danau Toba (BODT) berkunjung ke Kabupaten Samosir, Minggu (9/12/2018).

Setelah dari Parapat dan Batu Gantung, kemudian ke Huta Siallagan itu merupakan rangkaian dari simposium Internasional Ancient Toba Lake.

Dalam kegiatan itu, para peserta dapat menikmati keindahan Danau Toba menggunakan Kapal Wisata Samosir sembari mendapat penjelasan mengenai fakta-fakta geologi yang ada saat menyeberang ke objek wisata Siallagan.

Kepala Bidang Infrastruktur Pariwisata Bahari Kemenko Bidang Kemaritiman, Velly Asvaliantina optimistis jika fakta geologi dan legenda daerah bila dikemas, dapat lebih dijual untuk mendatangkan turis lebih banyak.

Ide Kapal Wisata Samosir ini, lanjut Velly, didapat dari hasil kunjungan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir bersama Kemenko Bidang Kemaritiman dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya ke Danau Hangzhou di China satu tahun lalu.

Sementara Peneliti Museum Geologi Badan Geologi, Dr Indyo Pratomo sebagai pemandu kunjungan menjelaskan tentang jejak-jejak erupsi Kaldera Supervolcano Toba hingga dinamika pembentukan daratan Samosir, dan hubungannya dengan kearifan lokal suku Batak Toba.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro berharap rombongan dapat merasakan Danau Toba dan budaya suku Batak yang sesungguhnya.

Ia juga mengharapkan, pengalaman selama di Pulau Samosir dapat menjadi kabar baik maupun pengalaman yang berkesan untuk diceritakan kepada kerabat secara berkesinambungan.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.