Keturunan Op. Raja Sitempang - Raja Jolo Adakan Pesta Adat

Pesta Adat | SAMOSIRNews/Jefri
SAMOSIRNews - Pangururan

Keturunan paling sulung dari Op. Raja Sitempang adakan pesta perkawinan (Pangoli Anak) di Hariara Sigurdung Desa Lumban Pinggol, kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir pada (27/12/2018).

Seperti biasanya, sebelum acara adat istiadat yang biasa dilakukan oleh suku batak, terlebih dahulu dilakukan acara pemberkatan di Rumah ibadah oleh pemuka Agama.

Adapun salah satu keturunan sulung dari Raja Sitempang yang sedang melakukan acara pernikahan tersebut adalah Lamhot Sitanggang (25) anak dari Alm M. Sitanggang dan N. Boru Naibaho dengan Ernita Banjarnahor (25) mempelai wanita.

Alm M. Sitanggang merupakan salah satu  keturunan dan juga anak sulung dari Op. Raja Sitempang  atau disebut sebagai Sitanggang Siopat Sada Ina yakni: Panungkunan, Pangadatan, Panguluoloan dan satu putri yang diperistri Malau.

Kearifan lokal budaya batak terlihat unik dan menarik pada saat proses berjalan adat istiadat tersebut.

Rombongan dari mempelai perempuan disebut dengan Hula-Hula, rombongan dari mempelai laki-laki disebut dengan Haha Anggi (abang beradik). Kemudian pesta itu terlaksana atas kerja keras dari rombongan kaum perempuan dari keluarga mempelai laki-laki yaitu boru, bere dan ibebere.

Peranan Hula-hula dalam acara adat tersebut adalah untuk memberikan berkat terhadap kedua mempelai lewat ulos batak dan tentunya dengan memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa.

Sementara peranan haha anggi turut memberikan dukungan berupa uang (Tuppak) dan doa supaya acara itu berjalan lancar. Begitupun juga dengan Boru, Bere dan Ibebere selain melayani dalam pesta tersebut, mereka juga turut membantu lewat uang (Tuppak) untuk membantu dalam acara pesta adat istiadat itu.

Selama berjalanya proses adat pernikahan, terlihat dalam suasana gembira ria dan dihadiri oleh ratusan orang yang masih terikat dalam hubungan adat.

Penulis: Jefri Sitanggang
Editor: Freddy
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.