Hujan Deras Guyur Samosir, Desa Ambarita Dilanda Banjir Bandang

Hujan deras mengakibatkan sungai meluap, menerjang persawahan masyarakat. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Ambarita

Hujan deras mengguyur Kabupaten Samosir dua hari ini, mengakibatkan banjir bandang di Ambarita, Kecamatan Simanindo, Sumatera Utara, Kamis (13/12/2018).

Data dihimpun di lokasi, bencana banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda Ambarita sekitarnya, mengakibatkan sungai (Binanga Tambun; red) di Dusun 3  Pasar Dolok meluap.

Luapan sungai membawa lumpur mengakibatkan persawahan warga rusak, 6 ruangan klas SMA 1 Ambarita dan 3 rumah warga terkena lumpur.

Berdasarkan keterangan warga, sungai yang meluap itu merupakan sungai yang mengalir musiman di saat hujan dan tidak ada korban jiwa pada kejadian itu.

Sehingga warga tidak menduga sungai itu membawa bahan material lumpur yang merusak kebun dan rumah warga serta fasilitas sekolah.

Asisten Tata Praja Setdakab Samosir, Mangihut Sinaga kepada SAMOSIRNews mengatakan, Pemkab Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial dan Camat Simanindo langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir.

"Untuk normalisasi sungai, Dinas PUPR telah menurunkan alat berat, sehingga diharapkan kegiatan warga dapat berjalan normal kembali," sebutnya.

Dijelaskan Mangihut, tim Pemkab Samosir telah turun lapangan memonitoring lokasi kejadian bersama warga setempat.

Reporter; Valensius Sitorus
Editor; Robin Nainggolan

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.