Hebat, Kopi Arabika Samosir Peroleh Sertifikat Indikasi Geografis

Bupati Samosir Rapidin Simbolon pada festival Indikasi Geografis di Jakarta. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan festival Indikasi Geografis (IG) yang merupakan festival bertemakan IG Indonesia di Hotel Pullman Jakarta dan Tribeca Park, Central Park Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Ari Juliano Gema yang setahun lalu berkunjung ke Kabupaten Samosir menegaskan, festival yang digelar merupakan bukti Bekraf serius terhadap pengembangan produk IG yang sebagian besar adalah bahan baku sub sektor ekonomi kretif seperti kuliner, fashion, dan kriya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dari Jakarta kepada SAMOSIRNews, usai pelaksanaan festival mengatakan, ada 61 booth produk IG Indonesia yang telah terdaftar dan pameran repackaging produk-produk IG oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Menurutnya, pengakuan hak paten ini merupakan peristiwa bersejarah dalam pengembangan produk IG di Indonesia karena Kabupaten Samosir berhasil memperoleh sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika.

"Sertifikat IG menjadi istimewa, karena setiap produk menunjukkan keterkaitan erat dengan daerah asal yakni faktor lingkungan geografis, alam, manusia dan kombinasi keduanya untuk memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik," jelasnya.

Ditambahkan Rapidin, kopi Arabika Samosir mendapatkan hak paten dengan kategori tertinggi excellent.

Penulis; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.