Waspada Modus Penipuan! Akun Facebook Ketua DPD Partai Golkar Samosir Diretas, Berhasil Meraup Rp. 2 Juta

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Samosir Rosinta Sitanggang. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Akun facebook Ketua DPD Partai Golkar Samosir atas nama Rosinta Sitanggang diretas dan telah berhasil memperdayai teman facebooknya sebesar Rp 2 juta.

Rosinta Sitanggang yang juga anggota DPRD Samosir kepada SAMOSIRNews, Minggu (25/11/2018) mengatakan, kejadian diketahui setelah si peretas meminta uang sebesar Rp. 2 juta kepada keluarga dan teman-temannya dengan alasan ATM terblokir.

Menurut dia, peretasan akun facebooknya diketahui sejak pukul 13: 26 hingga 15:00 WIB, Sabtu (24/11/2018) kemarin.

"Teman-temannya yang tertipu, bahkan sudah ada yang memenuhi permintaan peretas dengan mentransfer uang  sebesar Rp 2 juta," jelasnya.

Seorang teman Rosinta di facebook, Irene Ginting warga Desa Parsaoran I, Kecamatan Pangururan menjelaskan, ia mendapat pesan  dari akun facebook Rosinta Sitanggang untuk dikirimkan uang  sebesar Rp. 2 juta karena ATM terblokir.

Dikatakan Irene, dirinya tak meladeni permintaan dari pelaku penipuan itu, karena Rosinta Sitanggang dikenalnya bukan sosok yang mau minta minta bantuan.

"Saya kan kost di kontrakan milik Rosinta Sitanggang, jadi saya jawab sama peretas akun facebook itu, tidak punya uang di ATM, tapi  kalau uang tunai ada," tukasnya.

Setelah dia membalas pesan si peretas, tak ada lagi respon. "Awalnya peretas itu mengucapkan syaloom" kata Irene.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Samosir, Rosinta Sitanggang, mengetahui akun facebooknya diretas, setelah menerima telepon dari keluarga dan teman-temannya.

Dibeberkannya, banyak yang menghubungi dan menanyakan apakah benar meminta uang Rp. 2 juta karena ATM terblokir.

"Saya kaget, jadi sibuk menerima panggilan masuk dari keluarga dan teman-teman,  menanyakan apa benar minta uang karena ATM terblokir. Saya bilang  jangan diladeni,  karena saya tidak melakukan hal itu," jelas Rosinta.

Ia menambahkan, peretas itu berhasil memperdayai salah satu temanya dengan mengirimkan uang melalui trasnfer antar bank  dengan jumlah Rp. 2 juta ke Bank BNI atas nama Rahmadani Savitri Tarigan.

Dijelaskannya, saat ini akun facebooknya telah berhasil dikuasai dan mempertimbangkan akan membuat laporan ke pihak kepolisian untuk melacak keberadaan pemilik rekening tersebut.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.