Tim Akreditasi Survey 4 Puskesmas di Kabupaten Samosir

Tim akreditasi dijamu Bupati Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Tim Akreditasi Departemen Kesehatan RI  kembali akan melakukan penilaian akreditasi kepada 4 (empat) puskesmas di Samosir yaitu Puskesmas Sistem Simarmata, Puskesmas Mogang, Puskesmas Onanrunggu dan Puskesmas Ambarita.

Bupati Rapidin Simbolon menerima Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTM), sebelum melakukan survey untuk 4 Puskesmas di Samosir, Minggu (11/11/2018) di Rumah Dinas Bupati, Jalan Danau Toba Pangururan.

Ketua Tim Surveyor, Evi Derma Sastiva  menyampaikan, bahwa selama 1 (satu) minggu tim akan melakukan survei ke puskesmas-puskesmas tersebut.

"Tim akan dibagi dua, akan survei mengenai fasilitas dan pelayanan Puskesmas, selanjutnya disampaikan kepada Komisi Akreditasi FKTM untuk mendapat penilaian," ujarnya.

Ia menambahkan, tim berjumlah enam orang tersebut akan terjun ke lapangan melihat situasi dan kondisi Puskesmas yang akan di nilai.

Kepala Dinas Kesehatan Samosir, Nimpan Karo-Karo melaporkan, bahwa akreditasi merupakan upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan termasuk untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP).

"Saat ini telah terakreditasi sebanyak 4223 dari 9825 Puskesmas yang ada di Indonesia. Tahun ini 4 di Kabupaten Samosir akan melakukan proses akreditasi. Saya yakin, keempat Puskesmas akan mendapat itu akan mendapatkan akreditasi terbaik," ujar Nimpan.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mendukung program akreditasi ini, agar setiap Puskesmas terus berbenah untuk memperbaiki diri demi pelayanan terbaik.

"Selamat datang para tim, sembari melakukan proses survey silakan menikmati keindahan alam Samosir," pungkasnya.

Dia berharap proses akreditasi bertujuan untuk pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, jangan hanya pada saat tim penilai datang semua jadi baik.  "Tapi harus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik," tegasnya.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.