Tahun 2019, Dana Desa di Kabupaten Samosir Naik Menjadi Rp 108,7 Miliar

Rapat koordinasi percepatan kegiatan APBDes. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan                                                                                                 
Dana Desa di Kabupaten Samosir untuk tahun 2019 mengalami kenaikan menjadi Rp. 108,7 miliar.

Hal itu dikatakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Kegiatan APBDes TA 2018 di Aula Hotel Grand Dainang, Pangururan, Selasa (06/11/2018).

Ketika rapat koordinasi, Kepala Dinas PPAMD Rawati Simbolon menyampaikan, keberhasilan Pemerintah Desa ditandai dengan optimalnya para aparatur Pemerintah Desa dalam pelaksanaan tanggung jawab sebagai penyelenggara fungsi pelayanan.

Ia mengatakan, realisasi penyerapan Dana Desa melalui aplikasi OMSPAN sudah mencapai 72% dan selanjutnya, penyaluran Dana Desa sesuai PMK 225 dapat diproses apabila realisasi mencapai 75%.

Menurut Rawati, rapat koordinasi bertujuan untuk percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan Desa, memberikan penjelasan terkait regulasi konsekuensi hukum penyalah gunaan Dana Desa.

"Kemudian membahas rencana tindak lanjut percepatan pelaksanaan pembangunan Desa dan percepatan penyaluran Dana Desa, ADD, hasil pajak, dan retribusi daerah tahap ketiga," ujarnya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menekankan, dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan diperlukan sinkronisasi kebijakan antara Pemda dan Pemdes.

"Sehingga kesinambungan pelaksanaan pembangunan dapat tercapai dengan baik. Dalam tahun 2019 dana Desa akan mengalami kenaikan yang signifikan menjadi  108,7 milyar rupiah  dari  sebelumnya 90,9 milyar rupiah di Tahun 2018," tandasnya.

Untuk itu ia berharap, para Camat agar betul-betul memonitoring pembangunan di Desa. "Termasuk mengawasi, mengevaluasi pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan APBDes," imbuhnya.

Dikatakan Rapidin, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa harus pro aktif memberikan informasi, transparasi dan berkoordinasi dengan Pemda untuk mendukung dan mempercepat pembangunan Desa.

Dia juga menekankan agar Kepala Desa melaksanakan tugas sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku dan bekerja secara profesional dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.