Kreatif, Kaum Muda Tuktuk Siadong Gelar Pesta Gondang Naposo

Panitia Gondang Naposo Tuktuk Siadong, berdiskusi dengan Wabup Samosir Juang Sinaga. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Kaum muda (naposo; red) di Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, menunjukkan kreasi positif dalam memajukan pariwisata dan melestarikan budaya.

Naposo milenial Tuktuk Siadong mengadakan Pesta Gondang Naposo, dengan mengundang para muda mudi di Samosir dan kawasan Danau Toba.

Hal itu dijelaskan Panitia Gondang Naposo yang didampingi orangtua  dan tokoh setempat, saat menyambangi Rumah Dinas Wabup Samosir Juang Sinaga, Rabu (14/11/2018) di Hatoguan, Kecamatan Palipi.

Ketua Panitia Gondang Naposo Rimjoy Sidabutar didampingi Tiopan Silalahi dan A. Ansen Manik menjelaskan, kaum muda di Tuktuk Siadong akan melaksanakan pesta Gondang Naposo mulai 3-5 Januari 2019.

Untuk itu mereka mengharapkan dukungan dan masukan dari Pemerintah Kabupaten Samosir.

Dikatakan Rimjoy, pelaksanaan gondang naposo bertujuan mengajarkan bagaimana cara manortor yang sebenarnya.

"Dengan menggali dan melestarikan budaya manortor tersebut sehingga para generasi muda paham akan arti dan makna setiap tor-tor Batak," jelasnya.

Selain itu, menurutnya Gondang Naposo sebagai upaya mendorong upaya pembangunan pariwisata sehingga meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Samosir.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga mengapresiasi kegiatan naposo Tuktuk Siadong. "Sebagai daerah pariwisata, masyarakat diharapkan aktif dan kreatif  menciptakan sebuah event dan tidak hanya menunggu pemerintah," katanya.

Ia berharap event gondang naposo ini dibuat sebagai kegiatan tahunan yang berkelanjutan.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.