Kelulusan SKD Rendah, Kabupaten Samosir Hanya 53 Lulus, Pemerintah Pilih Sistem Perankingan

Hanya 53 yang lolos passing grade di Kabupaten Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Jakarta

Pemerintah memilih opsi sistem rangking sebagai alternatif kriteria kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara ( CASN) tahun 2018.

Opsi itu diambil sebagai dampak rendahnya angka kelulusan SKD, karena banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade atau batas nilai minimal.

Hal itu dijelaskan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Jumat (16/11/2018) di Malang, saat meninjau pelaksanaan seleksi CPNS.

Ia mengatakan, alternatif dengan sistem rangking akan diterapkan, karena dikhawatirkan banyak formasi yang kosong akibat banyaknya peserta seleksi yang tidak lolos passing grade.

"Terutama posisi guru dan tenaga kesehatan yang banyak dibutuhkan," ujarnya.

Ia menambahkan, tidak akan menurunkan passing grade, karena dikhawatirkan akan merekrut Apartur Sipil Negara (ASN) yang tidak berkualitas.

"Formasi tahun ini itu sebagian terbesar adalah guru dan tenaga kesehatan. Kalau guru dan tenaga kesehatan kosong, ini siapa yang akan mengajar," imbuh Bima.

Dikatakannya, peserta seleksi yang tidak lolos passing grade akan dirangking sesuai dengan nilai yang diperoleh. Selanjutnya akan ditentukan peserta yang lolos SKD, meskipun tidak mencapai ambang batas.

Proses rangking peserta seleksi CPNS nantinya akan menunggu peserta seleksi yang lulus murni atau peserta yang memenuhi passing grade.

Penentuan kelulusan peserta melalui proses rangking disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sebelumnya diberitakan, seleksi CPNS di Kabupaten Samosir berbasis Computer Asissted Test (CAT) sudah berakhir.

Dari 3.134 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, hanya 53 peserta yang lolos passing grade. Padahal, kuota CPNS Pemkab Samosir yang diberikan pemerintah pusat tahun 2018 ada 256 formasi.

Hal itu dikatakan Kepala BKD Samosir, Augus Sinaga kepada SAMOSIRNews, Selasa (13/11/2018) di Pangururan.

Dengan hasil itu, dipastikan beberapa formasi tidak terisi oleh peserta yang lolos passing grade.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.