Edukasi Pengelola Pariwisata, Kemenpar Gelar Aksi Sadar Wisata di Kabupaten Samosir

Kemenpar gelar aksi sadar wisata dan sapta pesona di Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Kementerian Pariwisata RI melalui Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga bersama Dinas Pariwisata Samosir menggelar aksi Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona.

Aksi mendukung perkembangan pariwisata Samosir itu, diikuti 300 peserta dari berbagai Kelompok Sadar Wisata, Pengelola Home Stay, pengelola Wisata Perdesaan dan HPI.

Pada aksi yang bersamaan dengan Hari Pahlawan, dilakukan penanaman 300 pohon di objek wisata Hutan Pinus Tele, pemberian sumbangan alat kebersihan dan perlengkapan home stay.

Paparan dan diskusi kebijakan Nasional Pariwisata Indonesia dan Penerapan Sapta Pesona serta Pengelolaan Sampah di Destinasi Pariwisata, merupakan salah satu inti aksi yang digelar.

Ketika berdiskusi, narasumber Husein Hutagalung dan Bambang  mendapat perhatian menarik para peserta, dengan edukasinya terkait sektor kepariwisataan.

Bupati Rapidin Simbolon mengungkapkan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata menjadikan Samosir menjadi " Super Prioritas " Pengembangan Pariwisata Nasional.

Ia berpesan agar momen Hari Pahlawan juga dijadikan sebagai semangat bersama untuk berkreasi bagi kemajuan pariwisata Samosir.

"Mulailah melakukannya dari diri sendiri, keluarga maupun kelompok. Kesadaran pribadi dalam aksi sapta pesona adalah kunci utama, sebelum anda menyuruh orang lain," tegasnya.

Bupati Rapidin yakin, aksi ini akan mendorong orang lain utk berbuat lebih baik lagi demi pariwisata daerah.

Dikatakannya, salah satu tugas dari Kelompok Sadar Wisata adalah menyadarkan masyarakat yang belum sadar wisata.

"Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona ini diharapkan membangkitkan semangat dan menambah wawasan tentang strategi pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan," imbuhnya.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.