Diumumkan di Kapal Wisata Samosir, 29 Peserta UKW Angkatan XX Dinyatakan Kompeten

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Firdaus, saat penutupan UKW PWI Sumut Angkatan XX di Kapal Wisata Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Parapat

Setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Sumatera Utara bekerjasama dengan PT JAPFA Comfeed Indonesia, Tbk di Parapat, Kabupaten Simalungun selama dua hari, 29 dari 35 peserta dinyatakan kompeten.

Pengumuman peserta UKW yang dinyatakan kompeten diadakan di Kapal Wisata Samosir sembari mengarungi Danau Toba yang mempesona, Kamis (22/11/2018) oleh anggota Komite UKW PWI Pusat, Deddy Syahputra.

"Pada UKW PWI Sumatera Utara Angkatan XX di Parapat diikuti 35 wartawan, 29 dinyatakan kompeten," sebut Deddy.

Selanjutnya, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Firdaus, mengatakan, peserta yang dinyatakan kompeten harus menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugas jurnalis.

Dijelaskannya, Dewan Pers bisa membatalkan dan mencabut identitas kompeten seorang wartawan bila melakukan kesalahan fatal.

"Apabila identitas kompeten itu dicabut, seumur hidup yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan," tegas Firdaus.

Sehingga ia menandaskan, bahwa tanggungjawab seorang wartawan semakin besar setelah lulus uji kompetensi.

Sedangkan Ketua PWI Sumuatera Utara, Hermansjah menyampaikan, agar wartawan yang telah menyandang status kompeten menjaga integritas kewartawanan melalui karya jurnalis.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 21-22 November 2018 itu, ditutup secara resmi di atas Kapal Wisata Samosir.

35 peserta UKW PWI Sumut Angkatan XX dari 22 media berasal dari Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Samosir, Karo dan Toba Samosir.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.