3.134 Peserta Ujian CPNS di Samosir Hanya 53 Lolos Passing Grade, di Medan Hanya 178

Pelaksanaan seleksi CPNS di Kabupaten Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Kabupaten Samosir berbasis Computer Asissted Test (CAT) sudah berakhir.

Dari 3.134 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, hanya 53 peserta yang lolos passing grade. Padahal, kuota CPNS Pemkab Samosir yang diberikan pemerintah pusat tahun 2018 ada 256 formasi.

Hal itu dikatakan Kepala BKD Samosir, Augus Sinaga kepada SAMOSIRNews, Selasa (13/11/2018) di Pangururan.

"Sesuai Peraturan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 36/2018, mereka akan mengikuti seleksi kompetensi bidang," ujarnya.

Terkait bakal tidak terpenuhinya formasi CPNS, karena hanya 53 peserta yang lolos passing grade, ia mengatakan hal itu menjadi wewenang pusat.

Peserta seleksi CPNS 2018 harus melalui tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dalam tes SKD, peserta menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Saat tes SKD, para peserta harus mengerjakan 100 soal yang terbagi dalam tiga bidang.

Rinciannya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal, menggunakan passing grade.

Passing grade CPNS atau nilai ambang batas adalah nilai minimal untuk dapat lolos ke tahap berikutnya.


Peserta harus mendapat nilai di atas passing grade, sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.


Sementara di Pemko Medan, dari 4.486 peserta yang mengikuti SKD pada formasi yang lulus hanya 178 orang dan berhak mengikuti proses Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Medan, Lahum Lubis, kepada wartawan mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti tahap SKD sebanyak 4.896.

"Jumlah peserta itu merupakan yang lolos tahap seleksi administrasi. Namun dari jumlah 4.896 yang lolos administrasi ini, sebanyak 410 orang tidak hadir pada saat ujian," jelasnya.

Dikatakannya, yang hadir ikut SKD 4.486 dan hanya 178 orang yang sesuai passing grade (pemeringkatan nilai), sedangkan formasi yang disediakan 247.

Penulis; Robin Nainggolan

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.