Seluruh Dusun di Kabupaten Samosir Akan Masuk Listrik, Tim PLN Lakukan Survey

Tim PLN bersama Pemkab Samosir, melakukan survey di dusun yang belum masuk listrik. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Semua desa di Kabupaten Samosir sudah masuk listrik, namun ada beberapa dusun yang belum teraliri listrik karena kondisi geografis.

Berdasarkan data, sebanyak 802 KK di beberapa dusun yang belum masuk listrik di Samosir.

Sesuai dengan program Presiden RI  Joko Widodo yakni Program Listrik Desa 100 persen, Pemkab Samosir mengambil langkah cepat dengan menyambangi PT PLN di Wilayah Pematang Siantar.

Setelah melakukan pendataan di beberapa dusun yang belum teraliri listrik, Pemkab Samosir mengusulkan kepada Manajer Area  PT PLN Wilayah Pematang Siantar.

Usulan itu ditembuskan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Direktur Utama PT. PLN ( Persero)  di Jakarta dan PT. PLN Wilayah Sumatera Utara di Medan.

Tim PLN melakukan pengukuran di Desa Parhorasan. (SAMOSIRNews/Ist)

Hal itu dijelaskan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada SAMOSIRNews, Sabtu (1/9/2018) di Pangururan.

"Sebagai tindak lanjut penyampaian usulan yang diserahkan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga di Siantar, beberapa waktu lalu, tim PT. PLN turun melakukan survey, pada Selasa (28/8/2018)," pungkasnya.

Tim terdiri dari 2 kelompok itu, menurut dia, melakukan survey didampingi Pemkab Samosir ke dusun-dusun yang belum teraliri listrik.

"Pihak PT PLN akan bekerja selama 5 hari untuk melakukan survey di 9 Kecamatan sejak 27 sampai 31 Agustus 2018 lalu," tukas Rapidin.

Dijelaskan, hasil survey lapangan akan dibawakan ke Pimpinan PT PLN  untuk diambil kesimpulan, dengan komitmen untuk memasang semua listrik di Samosir.

"Tapi masyarakat harus memahami bahwa PLN hanya memasang sampai ke meteran," imbuhnya.

Dikatakannya, tidak ikut instalasi di rumah penduduk, kemudian disampaikan juga, dalam survei itu pihak PLN akan menanyakan kesediaan konsumen untuk membayar biaya instalasi.

Tim PT PLN dan Pemkab Samosir diwakili Dinas Pera dan KPP Samoosir serta Bagian Pembangunan Setdakab Samosir  memulai Survei di Dusun Lumban Bonabona dan Dusun III Sigumbang, Desa Parhorasan Kecamatan Pangururan dan berlanjut ke aemua dusun yang belum masuk listrik.


Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S.

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.