KMP Ihan Batak Diluncurkan ke Danau Toba, Melayani Penyeberangan Ajibata-Ambarita

Wabup Samosir Juang Sinaga, saat peluncuran KMP Ihan Batak yang akan melayani penyeberangan Ajibata - Ambarita. (SAMOSIRNewa/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

KMP Ihan Batak yang dibangun sejak Oktober 2017 lalu, diluncurkan hari ini, Sabtu (1/9/2018) ini ke perairan Danau Toba.


"Secara resmi telah diluncurkan di Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir," kata Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga kepada SAMOSIRNews seusai mengikuti acara peluncuran.

Disebutkannya, KMP Ihan Batak berkapasitas 300 GT itu, akan melayani penyeberangan Ajibata (Kabupaten Tobasa) - Ambarita (Kabupaten Samosir). "Diperkirakan beroperasi bulan Oktober 2018 mendatang," tukas Wabup Juang.

Menurut dia, acara peluncuran dihadiri Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno dari Kementerian Perhubungan RI.

Juang menambahkan, Kementerian Perhubungan memprogramkan menambah 4 kapal di Danau Toba yang dicanangkan Presiden RI Jokowi sebagai Destinasi Pariwisata Internasional.

"Saat ini sedang berlanjut fabrikasi 1 unit kapal lagi, jadi pelayaran ke Kabupaten Samosir semakin lancar," bebernya.

Kapal Roro yang dinamai KMP Ihan Batak itu, akan menjadi kapal terbesar di Danau Toba, dipastikan akan mengurangi kepadatan kendaraan yang antri di pelabuhan penyeberangan setiap bulan Desember.

Reporter; Josner Sitanggang
Editor; Robin Nainggolan

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.