Dinkes Samosir Luncurkan Program Kesehatan Reproduksi, Calon Pengantin Akan Diedukasi

Wabup Samosir Juang Sinaga didampingi Kadis Kesehatan Nimpan Karokaro, pada pelaksanaan Program Kesehatan Catin. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Untuk meningkatkan kwalitas kesehatan reproduksi, Pemerintah Kabupaten  Samosir melalui Dinas Kesehatan akan menerapkan program baru.

Sebelum diterapkan, program itu diperkenalkan oleh Dinas Kesehatan melalui pertemuan lintas sektoral yang dibuka oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga di Hotel Saulina Resort, Kecamatan Pangururan , (03/09/2018).

Wabup Juang mengatakan, program kesehatan reproduksi merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat.

"Untuk kelahiran yang sehat diperlukan pemeriksaan kepada calon pengantin (catin) sejak awal," tandasnya.

Ia menjelaskan, program itu bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM dan mewujudkan generasi yang berkualitas melalui keluarga sehat.

"Calon pengantin laki-laki dan perempuan disarankan mempunyai status kesehatan yang baik," imbuhnya.

Diantaranya yang perlu diperhatikan menurutnya, antara lain memiliki status gizi yang baik, tidak memiliki status seksual beresiko dan bebas napza.

"Program ini juga untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB)," pungkas Juang.

Wabup juga mengharapkan peran lintas sektoral seperti Kantor Kementerian Agama di kabupaten Samosir, pemuka agama dan petugas kesehatan dan pihak lainnya, untuk mengoptimalkan program dimaksud.

Kepala Dinas Kesehatan Samosir Nimpan Karokaro membeberkan, bahwa program itu merupakan terobosan baru bagi calon pengantin sampai tahap kehamilan dan melahirkan.

"Nantinya calon pengantin akan diedukasi dulu, kemudian dibekali informasi kesehatan termasuk cek kesehatan reproduksi dan konseling," jelasnya.

Dia menuturkan, untuk mewujudkan program ini nantinya setiap calon pengantin harus mendapatkan surat rekomendasi dari Puskesmas terdekat.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S.

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.