Pemkab Samosir dan Pemilik KJA Bersepakat Tidak Ada Penambahan Keramba dan Zonasi, Ini 10 Butir Komitmen

                                                                               
Para pemilik KJA bersepakat untuk zonasi dan tidak menambah keramba. (SAMOSIRNews/Ist)
                                                                                SAMOSIRNews - Pangururan

Pemkab Samosir mengadakan pertemuan dengan masyarakat pemilik Keramba Jaring Apung (KJA), guna menjaga dan melestarikan keindahan Danau Toba, Senin (27/8/2018) di Kantor Bupati Samosir, Jalan Rianiate Pangururan.

Pertemuan yang langsung dipimpin Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga dihadiri  Aqua Farm dan seluruh OPD terkait di lingkungan Pemkab Samosir.

Bupati Rapidin menyampaikan, jumlah pemilik KJA sebanyak 133 KK dengan jumlah keramba 192 dan jumlah lobang 2.098.

Dijelaskannya, sesuai Perpres 81 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba dan sekitarnya, zona yang diizinkan yakni Kecamatan Pangururan,  Sianjurmulamula dan Palipi.

Atas dasar itu, Pemkab Samosir dan para petani pemilik KJA menyimpulkan tetap memperhatikan kebutuhan perekonomian rakyat.

Namun disepakati bersama harus memenuhi Perpres 81 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba, dengan sistem zonasi.

Ini kesepakatan Pemkab Samosir dengan petani budidaya KJA;

1. Zonase harus dilaksanakan sesuai Perpres 81 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Tata Ruang Kawasan Danau Toba dan sekitarnya yakni Kecamatan Pangururan, Kecamatan Palipi dan Kecamatan Sianjur Mulamula.

Dan sesuai SK Gubsu Nomor 188.44/232/KPTS/2018 Tentang Tim Koordinasi Daya Dukung Beban Pencemaran Dan Daya Dukung Danau Toba Untuk Budidaya Perikanan dengan kuota 30.000 ton pada tahun 2019 sampai dengan 10.000 ton pada tahun 2023 untuk seluruh kawasan Danau Toba. 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon memimpin pertemuan dengan petani KJA. (SAMOSIRNews/Ist)
                         
2. KJA PT Aqua Farm izinnya berakhir tahun 2029, tetapi secara konsisten akan mengurangi jumlah produksi secara bertahap seperti tertuang pada SK Gubsu No. 188.44/232/KPTS/2018 (seperti point 1 dalam keputusan ini).

Sehingga pendapat dalam rapat, dengan berakhirnya izin PT Aqua Farm maka berakhirlah seluruh aktivitas usaha KJA di Kabupaten Samosir dan kawasan Danau Toba zero KJA.

Kecuali ada kebijakan Pemerintah Pusat dan Putusan Pengadilan yang mengikat menyatakan penutupan lebih cepat untuk zero KJA.                                                                       
3. Pemindahan KJA ke zona yang ditentukan akan didampingi Pemkab Samosir dan sudah harus tuntas pada bulan september 2018.                                                           
4. KJA Sitalametang Dusun I Kelurahan Pintusona dipindahkan ke areal Siambalo, Desa Hutanamora dan Desa Rianiate, sedangkan KJA di Kelurahan Siogungogung dan Desa Tanjung Bunga dipindahkan ke Simarsasar Desa Boho Kecamatan Sianjur Mulamula.                                         

5. KJA akan ditata dengan baik, letak, bentuk dan warna serta ukuran yg akan diatur dlm bentuk regulasi termasuk kepadatan populasi ikan per meter kubik. 

6. Perlu dilakukan penelitian secara rutin terhadap kualitas air agar dapat diantisipasi resiko yang akan muncul, dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.                                                     
7. Para pelaku budidaya KJA bersedia dipungut biaya sebagai sumber PAD Kabupaten                               

8. Perlu diadakan sosialisasi dan bimbingan teknis budidaya perikanan kepada para pelaku budidaya KJA.                                         
9. KJA juga dapat dijadikan objek wisata dengan nama Mina wisata dengan ditata, diatur dan dikelola dengan baik dan dapat dipungut biaya oleh pemilik KJA.                                                                             
10. Pedoman yg harus diikuti adalah tidak mengganggu alur lalulintas danau, tidak mengganggu pariwisata, sumber air, rekreasi, olahraga air dan lainnya.

Reporter; Halomoan Nainggolan
Editor; Freddy S.

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.