Hari Ini Kirab Obor Asian Games Akan Singgah di Parapat, Berikut Rutenya


Obor Asian Games akan singgah di rumah pengasingan Bung Karno di Parapat, hari ini (Rabu, 1/8/2018).
SAMOSINews - Medan
Sejak tiba di Sumatera Utara kemarin, Kepolisian Daerah (Polda) Sumut menjamin keamanan penyelenggaraan Kirab Obor Asian Games 2018 pada 31 Juli-1 Agustus 2018.
Hal tersebut dilakukan untuk menyukseskan terselenggaranya kirab obor,  sepeti dijelaskan Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Makmur Ginting, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan maksimal.
“Kita antisipasi cara maksimal supaya kita benar-benar yakin, bahwa pelaksanaan Torch Relay Asian Games besok bisa berlangsung dengan aman dan tertib,” sebutnya, Selasa (31/7).
 “Rute mulai dari kedatangan dari Aceh, begitu mendarat sampai penyerahan hingga acara puncak dan dikembalikan, kita tetap melakukan pengamanan secara maksimal,” jelasnya.
Makmur juga menambahkankan, dalam pengamanan tersebut setidaknya 1.121 personel dikerahkan untuk memantau keamanan di setiap titik kegiatan Torch Relay.
“Jumlah total anggota yang mengamankan 1.121 personel, terdiri dari Polda 204 personel dan kewilayahan jajaran ada 917 personel. Juga melibatkan TNI dari awal sampai akhir, mulai dari hari ini sudah kita persiapkan. Sepanjang perjalanan kita amankan,”pungkasnya.
Ia juga berharap, seluruh masyarakat dapat merasakan perhelatan Kirab Obor dengan aman dan tenteram.
“Mudah-mudahan sudah sampai info ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa melihat turut meramaikan. sehingga gaung daripada Asian Games lebih terasa lagi. Harapan untuk torch relay berlangsung dengan aman,” pungkasnya.
Kabupaten Toba Samosir menjadi salah satu dari 51 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang akan melaksanakan festival kirab api obor (Torch Relay) Asian Games 2018.
Sebelum sampai di Sumut, Api Obor Asian Games pertama kali diambil di Stadion Dhyan Chand New Delhi, India, 15 Juli 2018, tiba di Indonesia pada 18 Juli 2018, di kawasan api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.
Api obor tiba di Sumut pada 31 Jul 2018 di Bandara Kualanamu, selanjutnya diletakkan di dalam Thinder Box dibawa menuju rumah pengasingan Bung Karno di Parapat, Simalungun.
Hari ini (Rabu, 1/8/2018) obor dibawa menuju pantai Bul-Bul Balige, Toba Samosir pukul 07.00 WIB dengan perahu hias dan didampingi oleh jajaran kepala daerah serta Inasgoc.
Kemudian, api obor diarak oleh 10 atlet sejauh 2 kilometer dan terakhir disulut ke dalam mini Kaldron yang telah disiapkan dan dibawa menuju Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara untuk di bawa ke Pekanbaru melalui Bandara Silangit sekitar pukul 13.40 WIB.
Editor; Robin Nainggolan
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.