Fraksi Nasdem DPRD Samosir Murka, Sebut Tuduhan Bupati Samosir Fitnah, Ini Videonya

Mayoritas Fraksi Menerima Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA. 2017, Fraksi Nasdem belum menerima. (SAMOSIRNews/Ist)
SAMOSIRNews - Pangururan

Rapat Paripurna DPRD Samosir Atas Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2017 semakin memunculkan adanya "perseteruan" eksekutif dengan legislatif.

Walaupun mayoritas Fraksi menerima Ranperda Tentang Pertanggungjawaban APBD TA.2017 menjadi Perda, namun proses paripurna, sepertinya meninggalkan luka yang membekas.

Hal itu nyata terlihat, ketika Fraksi Nasdem menyampaikan Tanggapan Akhir Fraksinya yang dibacakan Sarhocel Tamba, Kamis (16/8/2018).

Pada Tanggapan Akhirnya atas Nota Jawaban Bupati Samosir, Fraksi Nasdem mengungkapkan bahwa tuduhan Bupati kepada dua legislatif yakni Sarhocel Tamba dan Jonner Simbolon merupakan fitnah.

"Fitnah lebih kejam dari pembunuhan," tegas Sarhocel. Menurut Fraksi Nasdem DPRD harus mengagendakan pertemuan dengan Bupati Samosir, untuk klarifikasi.

Untuk diketahui, kemarahan Fraksi Nasdem DPRD Samosir berawal dari beredarnya informasi di grup WA, yang menyatakan Sarhocel dan Jonner kurang setuju dengan capaian WTP Kabupaten Samosir atas penilaian BPK, untuk laporan keuangan TA. 2017 lalu.

Kedua legislatif ini merupakan politisi Nasdem, Sarhocel sendiri merupakan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Samosir. Sedangkan Jonner merupakan anggota Fraksi Nasdem yang juga Wakil Ketua DPRD Samosir.

Aroma perseteruan kedua lembaga ini, sebenarnya sudah kelihatan sejak awal Rapat Paripurna yang selalu molor, tidak tepat waktu tanpa alasan yang diketahui.

Disebutkan Jonner kepada SAMOSIRNews, tuduhan itu sangat tidak relevan karena di share di grup WA, oleh Bupati Rapidin Simbolon.

Sebaliknya Bupati Rapidin Simbolon mengungkapkan, ketika DPRD menyambangi BPK, justru Ketua BPK telah menjelaskan indikator penilaian sehingga berhasil meraih WTP.

Bahkan menurutnya, Ketua BPK sempat mengatakan, agar legislatif jangan mempolitisasi hasil penilaian BPK. Sehingga muncul pernyataan BPK, "Bapak saja yang jadi BPK".

Walaupun Rapat Paripurna berlangsung menegangkan sejak awal, namun mayoritas fraksi menerima Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2017. Hanya Fraksi Nasdem yang menyampaikan belum menerima.

Penulis; Robin Nainggolan

Ini video Tanggapan Akhir Fraksi Nasdem DPRD Samosir;




loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.