Sertifikasi Produk UMKM, Pemkab Samosir Bangun Kerjasama dengan LIPI

Pemkab Samosir bangun kerja sama dengan LIPI. (SAMOAIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Pemkab Samosir dan LIPI menandatangani kesepakatan bersama pembangunan dan perekonomian, bertujuan sebagai fasilitasi sertifikasi halal kepada UMKM di Kabupaten Samosir.

Kerjasama ini diharapkan mempermudah para pelaku usaha mendapat sertifikasi halal untuk produk yang dihasilkan dalam rangka meningkatkan daya saing usaha dan kualitas produk yang dihasilkan.

Untuk menempuh rencana sertifikasi itu, Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah Jabiat Sagala membuka kegiatan Pelatihan Teknik Budidaya Perikanan, Pengenalan Produk Sehat dan Halal serta Workshop Pengelolaan Perairan Berkelanjutan di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (25/0/2018).

Pada  penandatanganan kerjasama, hadir Kepala Pusat Penelitian Limnologi Fauzan Ali, Direktur LPPOM MUI Sumut H. Basyaruddin, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Deli Serdang TM. Zaki Aufa.

Ruang lingkup kesepakatan meliputi Capacity Building (Pelatihan) bagi pengelola dan pelaku bisnis/ UMKM di Kabupaten Samosir.

Meliputi tanggungjawab auditor internal dan penyusunan manual sistem jaminan halal, proses sertifikasi produk halal pelaku bisnis/UMKM, Sosialisasi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal.

Selanjutnya, edukasi dan pendampingan kepada para pengelola dan pelaku bisnis/UMKM tentang manfaat dan pentingnya produk halal serta kegiatan lain yang disetujui oleh para pihak.

Sekdakab Samosir Jabiat mengatakan, Danau Toba merupakan sumber daya air memiliki nilai penting ditinju dari fungsi ekologi, hidrologi serta fungsi ekonomi.

Hal ini menurutnya, berkaitan dengan fungsi Danau Toba sebagai habitat berbagai jenis organisme air, sebagai sumber air minum bagi masyarakat, pertanian dan sebagai budidaya perikanan serta untuk menunjang berbagai jenis industri.

Sesuai dengan Visi RPJMD Kabupaten Samosir   Tahun 2016-2021 " Terwujudnya Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Mandiri, dan Berdaya Saing Berbasis Pariwisata dan Pertanian", Pemkab Samosir harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan terintegrasi dengan lembaga pemerintah lainnya dan salahsatunya LIPI.

Pemkab Samosir mendukung penuh kegiatan LIPI di Samosir dan mengharapkan hasil-hasil penelitiannya segera dapat diketahui agar digunakan  untuk percepatan pembangunan daerah.

Dengan pelatihan dan workshop yang dilaksanakan, para peserta dapat mengembangkan dan menerapkan berbagai jenis proses teknologi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kemudian akan menyerap tenaga kerja dalam rangka mengurangi kesenjangan kemiskinan.

"Dengan pelatihan ini, para pelaku usaha kecil menengah akan menghasilkan produk industri pangan yang memenuhi standart keamanan pangan. (rel)

Editor; Robin Nainggolan

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.