Berlibur Sambil Menikmati Buah Mangga di Samosir

Para pedagang buah mangga menjajakan dagangannya di pasar Onan Baru Pangururan | foto: Freddy/ SAMOSIRNews
SAMOSIRNews - Pangururan

Kabupaten Samosir saat ini sedang mengalami musim mangga. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang menjajakan dagangannya berupa buah mangga, baik di pinggir jalan nasional maupun di sentra pajak atau onan.

Siringo-ringo warga Kecamatan Palipi kepada SAMOSIRNews, Jumat (15/06/2018) mengatakan, dirinya menjual mangga lantaran ditempatnya sedang mengalami musim mangga.

"Ya, ini mangga dari Mogang, Kecamatan Palipi. Harganya tidak kurang dari Rp. 10ribu per kilo bang," katanya.

Hal senada juga dikatakan Sinabutar. Warga Lumban Suhi-suhi itu mengaku menggunakan kesempatan ini untuk menjajakan mangga hasil dari panen mangganya sendiri. "Kebetulan ada dua pohon mangga di halaman belakang rumah, semuanya berbuah," katanya.

Pohon mangga yang berbuah katanya cukup banyak, sehingga tidak mungkin habis untuk di konsumsi keluarga. "Kita jual sebahagian, lumayan menambah penghasilan," imbuhnya.

Dia biasanya berjualan di pinggir jalan dengan menggunakan undung-undung yang bisa dipindah-pindah. Rata-rata pembeli berasal dari luar derahnya. "Ini kan libur, pembeli biasanya para pengunjung yang melintas di jalan," ucapnya. 

Sementara seorang warga juga pembeli, L. Sianturi mengaku datang ke onan (pajak) untuk membeli mangga. Dikatakannya, mangga samosir cukup manis.

"Kurang lebih hampir dua minggu ini saya belanja mangga. Dan saya cukup puas dengan kualitasnya. Meski tidak semuanya bagus, tapi rata-rata tidak ada yang busuk, hampir semuanya baik dan manis," pungkasnya.

Penulis: Freddy S
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.