Antisipasi Kebakaran Hutan, Forkopimda Samosir Bentuk Satgas

Forkopimda gelar rakor untuk antisipaai kebakaran hutan di Samosir. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Sigulatti

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Samosir gelar rapat koordinasi penanganan dan pencegahan kebakaran hutan, di Gedung Geopark Sigulatti, Kecamatan Sianjurmula mula, Senin (11/6/2018).

Rakor (rapat koordinasi; red) dihadiri pimpinan OPD Pemkab Samosir, pejabat Polres Samosir dan Kodim 0210/TU itu, sebagai antisipasi musim kemarau dan angin kencang.

"Saat ini ada dua titik api skala kecil yang terjadi di Kabupaten Samosir yaitu Desa Hasinggaan dan Desa Janjiraja, namun telah diatasi" jelas Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Menurutnya, walaupun kebijakan masalah  kehutanan ditangani provinsi, aparatur di kabupaten harus tanggap dalam penanganan kebakaran hutan dan tetap berkoordinasi dengan provinsi. "Hasil rapat ini secepatnya disampaikan ke Gubernur Sumatera Utara dan Kementerian terkait," sebutnya.

Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat menyampaikan, ada tiga hal penting dalam penanganan dan pencegahan kebakaran yakni aumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana serta metode penanganan.

"Dengan fokus atas tiga hal itu, antisipasi pencegahan kebakaran akan optimal,  ketika ada kejadian kebakaran bisa juga bisa bergerak cepat," tandas Agus.

Dandim 1210/TU Letkol Inf. Rico J. Siagian menegaskan, rapat koordinasi harus mengambil kesimpulan jelas dan terukur mengenai jumlah personil dari masing-masing instansi,  peralatan yang tersedia, posko pencegahan dan penanganan kebakaran.

Rapat koordinasi Forkopimda menyimpulkan, dalam 3 hari ini dibentuk satgas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dengan upaya prioritas mencegah kebakaran.

Kemudian dibuat posko penanganan kebakaran hutan yang dipusatkan di kawasan Geopark Sigulati.

Penulis; Candra Hutajulu
Editor; Robin Nainggolan

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.