10 Tahun Google Street View – Pembicaraan Privasi dan Hiburan

Sepuluh tahun lalu, terjadi diskusi hangat tentang bagaimana menjaga privasi di dunia digital. Sengketa memicu mobil kamera yang memotret fasad rumah untuk Google. Steet View juga menyediakan hiburan

Mobil Google yang penuh warna dengan struktur kamera yang menarik kini mengemudi di sekitar 90 negara di seluruh dunia. Jutaan bidikan panorama memungkinkan Google menawarkan lingkungan virtual di petanya. Mobil telah menempuh jarak hampir 20 juta kilometer. Google Street View juga menyertakan pemandangan karang bawah laut Nusa Tenggara Barat di Indonesia atau keajaiban alam Amerika Grand Canyon.

Diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2007

Street View diluncurkan pada Mei 2007 di Amerika Serikat. Google segera menyadari bahwa wajah manusia dan pelat nomor harus dibuat tidak dapat dikenali secara otomatis. Apakah fasad rumah juga harus ditutup dengan cadar virtual telah lama menjadi kontroversi – dan siapa yang harus memutuskan: pemilik atau penghuninya saat ini. Setelah perdebatan yang sangat panjang tentang “pixel burqa”, kedua kelompok diizinkan untuk melakukannya.

Saat itu, 244.000 rumah tangga meminta negara tetangga Jerman untuk membuat rumah mereka tidak dapat dikenali. Google menunjukkan pada saat itu bahwa hampir tiga persen rumah tangga telah meminta rasterisasi. Upaya untuk ini tampaknya sangat besar sehingga Google memutuskan untuk tidak mengambil foto lagi. Kamera street view hanya dikeluarkan dari lemari untuk proyek prestise kecil seperti menjelajahi Allianz Arena di Munich atau Elbphilharmonie di Hamburg.

Meski demikian, mobil masih terus melaju di jalan Jerman yang menangkap lingkungannya. Mereka berasal dari spesialis peta seperti TomTom atau Here serta perusahaan teknologi seperti Apple dan Google. “Tujuannya bukan lagi untuk menggambar peta atau menciptakan dunia virtual yang dapat dilihat orang,” kata konsultan manajemen Kersten Heineke, yang merupakan mitra di McKinsey dan mengepalai Center for Future Mobility di Eropa. Sebaliknya, ini tentang menghasilkan peta presisi tinggi yang dapat dibaca oleh mesin dan memungkinkan mengemudi secara otonom.

READ  Rilis sinetron Icatan Sinta pada Selasa. 10 November 2020 Al Sembroru ke Andin, Suka?

Perlindungan data atau tidak: Street View juga tertawa di sana-sini, seperti yang ditunjukkan galeri foto kami.


Galeri foto

Beberapa jepretan teraneh dari kamera Google Street View


Written By
More from Mujahid Jaffer

Ramalan Shio Kamis 17 Desember 2020 Mengangkat Kemarahan Zodiak Naga

FIXPEKANBARU.COM – Zodiak Cina Cina Dalam astrologi, ia menggunakan hewan untuk mewakili...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *